Home / Berita Terkini / Kesan Peserta dalam Penutupan Summer Course BIPA dan MAB Unpar 2019

Kesan Peserta dalam Penutupan Summer Course BIPA dan MAB Unpar 2019

Acara penutupan program summer course “Bahasa for Summer Sociopreneur and Cultural Workshop 2019” digelar pada Jumat, (2/8/2019) di Universitas Katolik Parahyangan. Program tersebut diselenggarakan oleh bagian Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing Universitas Katolik Parahyangan (BIPA Unpar) dan Program Studi Magister Ilmu Administrasi Bisnis (MAB) Unpar, bekerja sama dengan Pemerintah Kota Cimahi dan KEDGE Business School.

Program “Bahasa for Summer Sociopreneur and Cultural Workshop 2019” berlangsung sejak 22 Juli hingga 2 Agustus 2019 di Kampung Adat Cireundeu, Cimahi. Secara garis besar, peserta mendalami Intercultural Communication (IC) yang difasilitasi BIPA dan Social Entrepreneurship (SE) oleh pengajar dari MAB Unpar melalui berbagai aktivitas seperti live in, observasi melalui kunjungan budaya (cultural visit), dan kelas-kelas lokakarya.

Acara penutupan dibuka dengan permainan interaktif, dilanjut dengan penyampaian kata penutup dari perwakilan BAPPEDA Kota Cimahi, Ibu Nia Juliawati (Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Sumber Daya), dan Ibu Maria Widyarini (Ketua Program Studi MAB Unpar). Kemudian acara penutupan diakhiri dengan pertunjukan Tari Topeng oleh salah satu peserta lokakarya, yakni Amanda (33) dari Amerika Serikat. 

“Saya tertarik untuk mengaplikasikan unsur socio-entrepreneur dalam performa band saya, sebagai kontribusi yang saya bisa berikan demi mempertahankan musik asli dan kebudayaan tradisional,” Jawab Amanda saat ditanyakan mengapa memilih untuk mengikuti program summer course tersebut. Amanda saat ini sedang mengambil studi tari di Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI). “Saya senang bisa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program ini, karena program ini telah menawarkan hal-hal yang saya butuhkan dan menginspirasi saya untuk mengintegrasikan unsur sociopreneur ke dalam project band saya ke depannya,” tutur Amanda.

Selain Amanda, Ali Aliev (24), yang merupakan mahasiswa S2 di UIN Kampus Cimencrang dari Azerbaijan turut aktif dalam program summer course ini. “Saya ingin mengisi waktu liburan saya dengan mengikuti program-program menarik seperti lokakarya ini, agar saya dapat lebih dekat dengan masyarakat Indonesia dan belajar kebudayaannya lebih mendalam, meningkatkan kemampuan Bahasa Indonesia saya, dan juga agar mendapatkan teman-teman baru,” jawab Ali saat ditanyakan motivasinya untuk mengikuti summer course tersebut.  “Kami memiliki beberapa rekomendasi bagi panitia, dapat semoga dapat menjadi bahan masukkan untuk membangun acara lokakarya yang lebih bagus lagi di masa depan. Saya dengan senang hati akan berpartisipasi apabila acara ini diselenggarakan lagi tahun depan,” harap Ali. (MGI/DAN)