Home / Berita Terkini / Kerjasama Prodi Teknik Kimia UNPAR Dengan PT. Lautan Luas, Tbk.

Kerjasama Prodi Teknik Kimia UNPAR Dengan PT. Lautan Luas, Tbk.

Dalam beberapa tahun terakhir, Program studi Teknik Kimia telah menjalin kerjasama dengan berbagai industri kimia melalui alumni untuk pengembangan pengajaran dan keilmuan. Salah satu industri yang menjalin kerjasama rutin dengan Prodi Teknik Kimia adalah PT. Lautan Luas,Tbk. PT. Perusahaan ini melakukan rekrutmen kepada para lulusan setiap tahun dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan tugas akhir berupa Kerja Praktek.

Mulai semester ganjil 2015/2016 kerjasama Prodi Teknik Kimia dan PT. Lautan Luas,Tbk akan ditambah dengan memberikan kuliah pilihan dan kuliah tamu. Ada 1 mata kuliah pilihan, yaitu Pemberdayaan Diri untuk mahasiswa mulai semester 5 dan 2 kuliah tamu pada mata kuliah Perancangan Pabrik Kimia dan Pengelolaan Limbah Industri. Kuliah tersebut diberikan oleh para praktisi yang sangat bermanfaat guna menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa Prodi Teknik Kimia.

Kuliah pilihan Pemberdayaan Diri bertujuan membekali mahasiswa dengan berbagai pengembangan soft skill, baik intrapersonal maupun interpersonal skill. Dengan demikian, dari adanya integrasi pengembangan soft skill, diharapkan agar para lulusan nantinya akan lebih siap dalam bekerja maupun dalam menghadapi tantangan dunia kerja global yang dinamis. Kuliah tersebut akan berisi tentang komunikasi asertif, manajemen konflik dan waktu, membangun kerjasama, kepemimpinan, profesionalisme kerja yang selanjutnya akan dibuka di tiap semester ganjil. Salah satu pengajar dari kuliah tersebut adalah alumni dari Teknik Kimia UNPAR angkatan 1996, yaitu Stefanus Janto Tjiamas.

Kerjasama Prodi Teknik Kimia dan PT. Lautan Luas, Tbk tersebut dinyatakan melalui MoU yang ditandatangani oleh Dr. Thedy Yogasara selaku Dekan Fakultas Teknologi Industri UNPAR dan Joshua C. Asali selaku Managing Director PT. Lautan Luas, Tbk. Dengan adanya kerjasama ini, Prodi Teknik Kimia akan semakin berkembang dan memberikan nilai tambah bagi lulusan-lulusannya.