Home / Berita Terkini / Kembangkan Potensi, Raih Prestasi

Kembangkan Potensi, Raih Prestasi

Menjadi manusia yang utuh tidak bisa lepas dari proses pengembangan diri yang seimbang, antara akademik dan non-akademik, maupun antara hard skill dan soft skillnya.

Seseorang mungkin memiliki kualitas ilmu yang mumpuni, namun karakternya kurang berkembang. Sebaliknya, ada yang memiliki kualitas karakter yang sangat baik, namun masih perlu menambah wawasan intelektualitasnya. Tentunya, pendidikan yang ideal adalah yang mampu membentuk seseorang sebagai insan yang utuh baik dari segi akademis maupun kedewasaan karakternya – insan yang humanum.

Proses pembelajaran seperti yang diselenggarakan oleh pendidikan tinggi perlu mempertimbangkan berbagai aspek yang ingin dicapai. Tentunya, wawasan akademis adalah hal yang penting untuk dikuasai oleh peserta didik. Namun, dalam prosesnya, pendidikan harus memperhatikan integrasi pendidikan karakter dalam aktivitas akademis tersebut. Lebih lanjut, institusi pendidikan tinggi juga perlu memfasilitasi pengembangan potensi diri para mahasiswa, melalui organisasi mahasiswa, program pengembangan karakter, dan dukungan lainnya.

Potensi Yang Unik

Kita perlu menyadari bahwa setiap orang memiliki potensi yang unik. Potensi ini adalah bagian dari identitas yang berbeda satu dengan yang lain. Misalnya, beberapa orang memiliki potensi akademik yang luar biasa. Di sisi lain, ada pula pribadi yang menunjukkan potensi dan prestasi di bidang-bidang lain. Contohnya adalah mereka yang berbakat dalam bidang seni, olahraga, bisnis, serta bakat, karakter dan kepribadian lain. Potensi ini bukan hal yang patut dikesampingkan, dan justru harus didorong pengembangannya.

Pengembangan potensi diri adalah satu hal yang mendasari pendidikan yang ditawarkan oleh Universitas Katolik Parahyangan (Unpar). Dalam mencapai misi pendidikan dan menciptakan insan yang humanum serta berorientasi pada cinta kasih dalam kebenaran dan penghargaan akan keberagaman, Unpar melihat pembelajaran yang berimbang antara aktivitas akademik, non-akademik, serta pengembangan karakter sebagai kunci.

Hal tersebut ditunjukkan melalui proses pembelajaran yang diselenggarakan oleh Unpar. Melalui beragam program yang dikelola lewat tujuh fakultasnya, Unpar memberikan wawasan ilmu yang aktual, bermakna dan aplikatif bagi para peserta didik didukung oleh tenaga pengajar berkualitas dan sarana serta prasarana pembelajaran yang baik. Selain itu, Unpar menampung pengembangan potensi diri lewat wadah-wadah organisasi dan komunitas kemahasiswaan, serta program pembelajaran non-akademik dan kesempatan belajar dalam masyarakat global melalui kemitraan internasional.

Apresiasi Minat

Tidak sedikit pula mahasiswa Unpar yang membuktikan diri dalam meraih prestasi, baik di tingkat nasional maupun dunia. Dalam ajang yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional di tahun 2020, para wakil Unpar berhasil meraih predikat finalis pada Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres), National University Debating Championship (NUDC), serta Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen, dan Keuangan (KBMK). Meski dibatasi oleh masa pandemi, mahasiswa tetap menunjukkan kualitasnya dalam berbagai ajang kompetisi yang dihelat oleh berbagai pihak, seperti kompetisi akuntansi, penulisan akademik hukum, algoritma dan pemrograman, dan masih banyak lagi. Berbagai prestasi ini didukung penuh dan terus diapresiasi oleh Unpar.

Unpar berkomitmen untuk menjaring dan mengembangkan generasi muda berprestasi dan humanum melalui pendidikan tinggi. Oleh karenanya, Unpar mengawali Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk tahun akademik 2021/2022 melalui Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan atau PMDK. Program ini terbuka bagi anak muda yang memiliki potensi diri dan berkeinginan untuk menempuh pendidikan tinggi melalui program sarjana maupun diploma III yang tersedia di Unpar. 

Unpar juga siap mengembangkan intelektualitas melalui pendidikan tinggi lanjut pada strata dua dan tiga. Unpar membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa baru semester genap tahun akademik 2020/2021 yang akan menempuh program magister dan doktor, serta program profesi insinyur (PPI) yang baru diluncurkan oleh Unpar.

Unpar siap memberikan kesempatan menempuh pendidikan tinggi bagi seluruh lapisan masyarakat. Dukungan berupa beasiswa internal maupun eksternal, serta metode bantuan pembiayaan perkuliahan lain diberikan bagi para calon mahasiswa yang akan menempuh studi di Unpar. Hal ini diharapkan dapat menjamin penyelesaian studi para mahasiswa dengan baik.

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Unpar dapat diakses melalui laman pmb.unpar.ac.id bagi peminat PMDK, serta pmbpasca.unpar.ac.id bagi calon mahasiswa magister, doktor, dan program profesi insinyur.

Sumber: Pikiran Rakyat – Kamis, 15 Oktober 2020