Home / Berita Terkini / Kembangkan Konten Pemelajaran Digital, LPPK Unpar Adakan Workshop Bersama IndonesiaX

Kembangkan Konten Pemelajaran Digital, LPPK Unpar Adakan Workshop Bersama IndonesiaX

Dewasa ini, dunia pendidikan mengalami kemajuan pesat dengan munculnya teknologi digital yang dapat diaplikasikan dalam kegiatan belajar. Pemberian konten digital seperti video dan animasi interaktif menghadirkan variasi bahan pemelajaran, dan bisa jadi menjadi alternatif yang baik bagi peserta didik.

Menyikapi perubahan ini, para tenaga pendidik Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) antusias dalam mempelajari dan menyertakan konten digital dalam kegiatan perkuliahan. Hal ini terlihat dari kegiatan workshop “Pengembangan Konten Pemelajaran Digital” yang diselenggarakan pada Rabu (11/3/2020). Acara ini terselenggara atas kerjasama Lembaga Pembelajaran dan Pengembangan Karier (LPPK) Unpar dengan IndonesiaX yang bergerak dalam perancangan dan implementasi platform pemelajaran digital.

Kegiatan yang diadakan sehari penuh di Operation Room Gedung Rektorat Unpar ini dibuka secara langsung oleh Rektor Unpar Mangadar Situmorang Ph.D. Rektor turut mendorong para pendidik untuk memanfaatkan teknologi digital dalam proses belajar. “Tren ke arah itu harus kita teruskan, kalau bisa sampai kepada digitalize education atau learning system,” ungkapnya. Selain menunjang perkuliahan reguler, hal ini juga dapat memperluas jangkauan pendidikan komunitas Unpar.

Perancangan Hingga Produksi

Sebagai mata acara utama, workshop ini difasilitasi langsung oleh Tim IndonesiaX. Tim yang terdiri dari CEO IndonesiaX Rizky Ariestiyansyah, Head Production IndonesiaX Diah Prasetyanti Utami, serta Marketing Communication IndonesiaX Daniella Jeslynn membawakan materi dalam empat sesi. Rangkaian workshop dipandu oleh Doni Priza Adhitya yang merupakan Kepala Divisi Pengembangan Digital LPPK Unpar.

Sesi pertama diisi dengan pengenalan IndonesiaX dan rekam jejaknya di dunia pemelajaran digital, termasuk pengenalan massive open online course (MOOC) secara umum. Adapun PT. Education Technology Indonesia atau IndonesiaX telah bergerak dalam perancangan platform belajar digital serta penyedia layanan dan konten MOOC sejak 2015. 

Pada sesi kedua, para peserta diajak memahami alur proses produksi pembelajaran IndonesiaX yang didistribusikan melalui MOOC. Mulai dari proses pra-produksi hingga distribusi konten, peserta mendapat gambaran bagaimana langkah menciptakan suatu paket belajar digital yang optimal. Sesi ini disambung dengan penjelasan mengenai perancangan konten pemelajaran digital berupa video yang dibahas dalam sesi ketiga.

Mengakhiri sesi keempat yaitu diskusi, Kepala LPPK Unpar Philips Nicolas Gunawidjaja, Ph.D. menegaskan bahwa pendidik yang baik harus menguasai tiga aspek yaitu knowledge, personality, dan publicity. Khusus aspek ketiga, Philips menambahkan bahwa keberadaan  platform digital seperti IndonesiaX bisa membantu dosen Unpar dalam menyebarkan ilmu yang dimiliki lebih luas lagi. (DAN – Publikasi)