Home / Berita Terkini / Keikutsertaan Mahasiswa Menanggulangi Dampak Covid-19

Keikutsertaan Mahasiswa Menanggulangi Dampak Covid-19

Satuan Tugas Unpar Fights Covid-19 (UFC-19) merupakan bentuk kolaborasi dari berbagai elemen komunitas akademik Universitas Katolik Parahyangan (Unpar). Mahasiswa juga dilibatkan dalam satgas tersebut, melalui keikutsertaan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sebagai perwakilan dari Persatuan Mahasiswa (PM) Unpar.

Salah satu perwakilan mahasiswa yang terlibat dalam satgas UFC-19 adalah Ruth Evelyne, Wakil Ketua BEM Unpar. Ia bersama Kepala Bidang Sosial dan Lingkungan BEM Unpar Gloria Christine Glorious menjembatani informasi dan aktivitas antara Satgas UFC-19 dan mahasiswa.

Dalam wawancara singkat melalui Line, Ruth menjelaskan bahwa dalam Satgas UFC-19, BEM Unpar membantu penyebaran informasi dan membangun kesadaran mahasiswa akan pentingnya penanggulangan Covid-19. Hal ini dilakukan dengan berbagai kegiatan seperti gerakan mahasiswa dan kajian.

“BEM sendiri sebagai perwakilan PM membentuk gerakan-gerakan, seperti challenge #cebanpertamahariini dimulai dari minggu lalu,” jelasnya. BEM Unpar juga mengadakan creative video challenge dimana mahasiswa diajak membuat video aktivitas di rumah dengan hadiah menarik.

“Lalu ada beberapa kajian yang kami post terkait Covid-19, (serta) anjuran kegiatan yang dapat dilakukan selama #dirumahaja,” ujar Ruth menambahkan. Materi tersebut disebarkan kepada mahasiswa melalui media sosial yang dikelola oleh BEM dan PM Unpar, seperti Instagram @bem_unpar. “Akan ada beberapa kegiatan dan post lagi kedepannya,” lanjutnya.

Menghadapi Covid-19, BEM dan PM Unpar mengajak mahasiswa untuk menjaga kewaspadaan, tidak perlu panik, serta menaati aturan dan kebijakan pemerintah. Ruth juga mengajak mahasiswa agar menyesuaikan diri dengan situasi terkini, serta, “Tetap produktif dan berkreasi walaupun ada perbedaan kondisi.” (DAN – Divisi Publikasi. Sumber: Wawancara dengan Wakil Ketua BEM Unpar)