Home / Berita Terkini / Kegiatan Studi Lapangan Program Doktor Arsitektur dan Program Magister Arsitektur Pascasarjana UNPAR ke Negeri Belanda 9 – 19 September 2013

Kegiatan Studi Lapangan Program Doktor Arsitektur dan Program Magister Arsitektur Pascasarjana UNPAR ke Negeri Belanda 9 – 19 September 2013

Kulap Mars Dars

Perkembangan arsitektur modern di Indonesia sangat erat kaitannya dengan arsitektur Kolonial Belanda. Hal ini pula yang menjadi dasar pemikiran dilaksanakannya studi lapangan ke negeri kincir angin tersebut. Peserta studi lapangan berjumlah 16 orang, dipimpin oleh Sekretaris Program Doktor Arsitektur dan Magister Arsitektur Dr.Rumiati Rosaline Tobing.

Beberapa hal yang dilaksanakan adalah :

Mempelajari sistem pendidikan tinggi arsitektur di TU Delft secara menyeluruh mulai dari jenjang sarjana, magister hingga tingkat doktoral, baik kurikulum, aktifitas penunjang dan hal-hal lain yang terkait.

Mempelajari pengarsipan karya-karya arsitek Belanda sejak awal keberadaannya secara periodik, di The New Institute Rotterdam yaitu tempat yang disediakan oleh Pemerintah Negeri Belanda khusus untuk bidang arsitektur dan desain. Prof.Dr.Hetty Berens, adalah ahli yang memberikan kuliah tentang hal tersebut.

Berdiskusi dan bersilaturahmi dengan pihak Kedutaan Indonesia untuk Belanda, yaitu Atase Bidang Pendidikan Prof.Dr.Bambang Hari di KBRI Den Haag. Kunjungan ini sekaligus mempromosikan Program Doktor Arsitektur dan Magister Arsitektur UNPAR kepada pihak KBRI yang mendapat tanggapan positif dan menawarkan kerjasama keilmuan.

Mengunjungi karya-karya arsitektural yang diakui secara internasional di kota-kota Amsterdam, Rotterdam, Brussel dan Paris.