Home / Berita Terkini / Keceriaan UKM Badminton Unpar Bermain Bersama Masyarakat Bukit Hegar

Keceriaan UKM Badminton Unpar Bermain Bersama Masyarakat Bukit Hegar

Pada Sabtu (23/11), Unit Kegiatan Mahasiswa Badminton Universitas Katolik Parahyangan (UKM Badminton Unpar) mengadakan kegiatan bermain badminton bersama masyarakat sekitar di lapangan badminton milik warga Bukit Hegar. Tim Publikasi Unpar berkesempatan untuk mewawancarai Bendahara UKM Badminton Ardi Cahya (Administrasi Bisnis, 2017) dan Staff Divisi Pengabdi Masyarakat Prajna Delfina (Hukum, 2018) mengenai kegiatan tersebut. 

Kekhawatiran muncul di masyarakat sekitar, yang takut apabila anak-anak yang kegiatannya tidak terakomodir dan tersalurkan seperti olahraga, anak-anak akan turun ke jalan dan melakukan kegiatan yang merusak dan tidak bermanfaat. Mendengar kekhawatiran tersebut, UKM Badminton yang awalnya hanya memiliki kegiatan tahunan dan liga mahasiswa, lebih tergerak untuk memperluas program kegiatannya dan mendekatkan diri dengan masyarakat sekitar.  Mereka membangun lapangan dengan tujuan untuk memberikan tempat anak-anak berkumpul yang masih berada di dalam pengawasan orang tua.

Prajna tidak menyangka bahwa di lingkungan yang kurang lahan, masyarakat tetap memanfaatkan lahan kecil dan material yang ada. Masyarakat Bukit Hegar membangun lapangan badminton tersebut pada bulan Agustus silam. “Mereka pakai kayu untuk menggantung lampu, memang sederhana dan ukurannya kecil, tetapi menurut saya mereka kreatif dan semangatnya ada,” ungkap Prajna kepada Tim Publikasi.  

“Mereka (masyarakat) baru mulai latihan dari Agustus, pertama kali memegang raket. Tetapi itulah hebatnya, hampir setiap hari anak-anak berlatih dari jam 5-7 sore, kemudian dilanjut dengan latihan orangtua dari jam 7-11 malam, sebegitu rajinnya mereka,” tambahnya.

Pada hari H permainan, mahasiswa anggota UKM Badminton disambut ramai oleh masyarakat, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa yang berkumpul baik untuk ikut bermain maupun hanya sekedar menjadi penonton. Selain itu, ibu-ibu anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Bukit Hegar turut membawakan camilan dan minuman ringan untuk peserta kegiatan. “Serunya serasa piala dunia, benar-benar seakrab itu, kekeluargaannya terasa,” tutur Prajna. 

Ardi pun mengagumi antusiasme masyarakat Bukit Hegar yang turut mengikuti kegiatan bersama UKM Badminton Unpar. “Kaget, kita kan lawannya sama ibu-ibu bapak-bapak, istilahnya mereka sudah sepuh. Tetapi walaupun umurnya jauh dengan kami, mereka bisa menang, mereka tetap semangat,” ungkap Ardi. 

Ardi, Prajna, dan anggota lainnya yang mengikuti permainan bersama turut merasa kehangatan sambutan masyarakat. Masyarakat sangat berharap keberlanjutan kegiatan ini, dan kesediaan anggota untuk melatih mereka. “Badminton jangan dijadikan untuk refreshing semata, tetapi bisa juga dijadikan sebagai wujud sesanti Unpar ‘Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bhakti’, dan berguna bagi masyarakat juga,” harap Prajna. “Saya harapkan semoga keanggotaan selanjutnya dapat meneruskan dan menjaga relasi baik dengan masyarakat, dan tetap semangat untuk mendapatkan pengalaman baru,” pungkas Ardi.

Hingga saat ini, terdapat 14 anggota pengurus, dan sekitar 300 mahasiswa yang terdaftar ke dalam UKM Badminton. UKM Badminton memiliki agenda tahunan diklat, yakni pelatihan untuk mahasiswa baru yang bergabung ke dalam keanggotaan dan UKM Badminton Unpar terbuka dengan undangan pertandingan dari universitas lain. 

“Kami juga sedang merancang cara dan ide baru untuk memperluas Unpar Badminton Competition (UBC) sebagai agenda tahunan yang dapat mengundang universitas lain untuk ikut bermain,” tambahnya. Rencananya, anggota yang akan ikut liga diharuskan untuk mengikuti kegiatan bakti sosial seperti donor darah, atau bermain bersama warga sebagai agenda wajib.

Bagi yang berminat untuk mengikuti kegiatan, UKM Badminton Unpar mengadakan latihan setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat di Lapangan Cisitu jam empat sore. (MGI/DAN)