Home / Berita Terkini / Kebersamaan Tingkatkan Kebugaran Pegawai

Kebersamaan Tingkatkan Kebugaran Pegawai

Pada Sabtu (8/4), Biro Pengembangan Modal Insani (BPMI) Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) menggelar kegiatan olahraga bersama segenap pegawai. Bekerja sama dengan Rai Fitness Bandung, kegiatan olahraga rutin ini bertujuan untuk menjaga kebugaran segenap pegawai Unpar.

Kerjasama Unpar dengan Rai Fitness telah efektif berjalan sejak Januari 2017. Penyediaan fasilitas kebugaran tersebut menjadi salah satu pilihan olahraga bagi para pegawai. Sejumlah fasilitas olahraga lainnya meliputi bulu tangkis, futsal, tenis meja, juga senam yang bersifat swakarsa dari berbagai unit.

Dalam kata sambutannya, Kepala BPMI, Dr. Nia Juliawati berharap kegiatan rutin ini menjadi penyemangat melalui keceriaan dalam bekerja. “Kiranya kegiatan ini bisa meningkatkan keakraban di antara kita sehingga kita mendapatkan sehat”, ungkapnya.

Adapun, rangkaian kegiatan olahraga tersebut diisi dengan talkshow bersama Imanuel dan Sparta (Rai Fitness) dengan tajuk “Mari Mulai Berolahraga” dan Zumba Dance bersama Fauzan, salah seorang instruktur Rai Fitness.

Berbagai tips simple dan sederhana bagaimana memulai olahraga dipaparkan dalam talkshow. Dimulai dari menjalankan kebiasaan baru berolahraga selama 4 minggu, setidaknya seminggu sekali. Tips selanjutnya yaitu melakukan latihan rutin seperti push up, squad jump, sit up selama 5-15 menit setiap harinya. Selain itu, pencarian informasi mengenai cara-cara menjaga kebugaran dapat diakses melalui media online, seperti Youtube. Tips terakhir yaitu berolahraga bersama partner yang juga memiliki motivasi untuk sehat dan bugar. Setiap progress sebaiknya dicatat secara detail.

Imanuel mengatakan bahwa kemalasan bukan menjadi jawaban mengapa masih banyak orang yang tidak suka olahraga, melainkan menjadi alasan. “Kenapa orang ga suka olahraga? Jawabannya cuma satu, karena kita masih punya sehat. Sehat tidak menarik ketika sehat masih kita miliki”, ungkap Imanuel. “Warisan pola hidup sehat itu kemandirian”, tambahnya.

Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Sumber Daya, Dr. Orpha Jane, mengungkapkan dukungannya untuk acara olahraga rutin pegawai. Ia mengatakan bahwa kegiatan ini seyogyanya menjadi rutinitas kebersamaan bagi segenap warga Unpar.

“Saya kira ini acara yang sangat baik. Kegembiraan dan sukacita itu adalah satu kondisi yang sangat positif untuk membuat kita lebih produktif dalam bekerja. Juga menjalin kebersamaan, kekeluargaan dengan teman-teman di Unpar”, ungkap Ibu Jane, demikian ia akrab disapa.

“Ada unsur sehatnya juga dengan olahraga. Kita bikin viral. Semangat dan kegembiraan yang lebih baik itu juga tercipta di Unpar. Minimal mulai dari kita, bisa mem-viral-kan semangatnya”, pungkasnya.

Turut meramaikan acara, sesi kuis dan pembagian doorprize menutup kegiatan olahraga bersama yang diadakan di Parkiran Gedung Rektorat Unpar.

Melalui kegiatan ini, BPMI memfasilitasi segenap pegawai untuk berolahraga. Tidak hanya bertujuan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tetapi juga sebagai ajang silaturahmi antarpegawai Unpar.