Home / Berita Terkini / Kala Masyarakat dan Sains Berkolaborasi Lawan Pandemi

Kala Masyarakat dan Sains Berkolaborasi Lawan Pandemi

Masyarakat dan Sains seakan tidak bisa dipisahkan. Melalui Sains, manusia memahami alam dan kehidupan di sekitarnya. Pemahaman ini menjadi jalan untuk mendukung hidup masyarakat melalui kebijakan yang tepat.

Ikatan ini menjadi lebih penting di tengah masa sulit saat ini. Masyarakat memang belum memahami pandemi ini seutuhnya. Namun, melalui sains, informasi dan wawasan yang kita miliki saat ini sedikit demi sedikit membuka tabir pandemi, dan membawa kita lebih siap melawannya.

Oleh karena itu, peran Sains dalam masyarakat sangatlah besar, khususnya dalam menangani pandemi Covid-19. Hal ini diangkat oleh Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Universitas Katolik Parahyangan (FTIS Unpar) dalam webinar bertajuk “Peran Masyarakat Dan Sains Dalam Menekan Angka Penderita Covid-19” pada Sabtu (18/7/2020). 

Webinar ini terlaksana berkat kerjasama FTIS Unpar dengan Pemerintah Kota Bandung. Sebagai narasumber, dr. Rosye Arosdiani Apip selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Kota Bandung memaparkan situasi pandemi serta bagaimana masyarakat dan sains berperan dalam menanggulangi masalah tersebut.

Menanggulangi dampak

Melalui paparannya, dr. Rosye menyoroti pentingnya pola hidup sehat dalam mengurangi dampak dan penyebaran Covid-19. Sains ternyata menjadi dasar banyak kebijakan yang berkaitan dengan upaya penanggulangan pandemi, seperti penggunaan masker, pembatasan sosial, serta kerja dan belajar jarak jauh. Namun, kebijakan ini butuh peran serta masyarakat yang disiplin sehingga dapat bejalan dengan efektif.

Salah satu peran sains dalam melawan pandemi adalah melalui permodelan matematika untuk memahami tingkat penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat. Untuk itu, webinar ini juga menghadirkan Farah Kristiani, Ph.D., dosen di Jurusan Matematika Unpar. Melalui permodelan, sains dapat memberikan proyeksi perkembangan pandemi, sebagai rekomendasi bagi pemangku kebijakan untuk bertindak guna menurunkan kurva pandemi (flattening the curve).

Webinar serta diskusi yang dipandu Benny Yong, Ph.D. ini memberikan wawasan tentang bagaimana sains dan masyarakat berkolaborasi melawan pandemi. Tentunya, kita memiliki peran yang sangat penting untuk beradaptasi dalam pola hidup sehat untuk mendukung penanggulangan penyebaran serta dampak Covid-19. (DAN – Divisi Publikasi)