Home / Berita Terkini / Jurusan Matematika Berkumpul dalam Usaha Membangun Solidaritas Global

Jurusan Matematika Berkumpul dalam Usaha Membangun Solidaritas Global

Pada hari Jumat (19/6/2020), Jurusan Matematika Universitas Katolik Parahyangan (Matematika Unpar) mengadakan seminar daring bertajuk “Membangun Solidaritas Global Menuju The New Normal Pasca Covid-19”. Seminar tersebut mengundang dua alumni Matematika Unpar sebagai pembicara, yaitu Dr. Marwan Wirianto (Matematika Unpar angkatan 2000) dan Dr. Aurelius Zilko (Matematika Unpar angkatan 2006). Seminar juga dimoderatori oleh dosen Matematika Unpar, Dr. Dharma Lesmono.

Seminar daring tersebut juga dilaksanakan dalam rangka berkumpul antara mahasiswa, dosen, dan alumni dari Matematika Unpar. Selain itu juga sebagai ajang berbagi ilmu dan donasi untuk pendidikan di Indonesia, terutama dalam menghadapi tantangan Covid-19 saat ini.

Seminar diawali dengan laporan terkait donasi yang dilaksanakan oleh jurusan Matematika Unpar. Donasi tersebut disumbangkan kepada sekolah-sekolah di daerah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal) dengan harapan dapat membantu mereka tetap belajar dan mendapatkan pendidikan di tengah kondisi yang menyulitkan. Sasaran donasi lebih khususnya disampaikan kepada siswa-siswi di SMPK San Daniel Oepoli, Nusa Tenggara Timur.

Pengalaman Alumni

Seminar dilanjutkan dengan sesi tanya jawab bersama kedua narasumber, yaitu Dr. Marwan Wirianto dan Dr. Aurelius Zilko. Marwan saat ini merupakan seorang technical analyst di Royal Dutch Shell dan menetap di Delft, Belanda. Sementara Zilko saat ini bekerja sebagai data scientist di Booking.com di Amsterdam, Belanda. Kedua narasumber menyebutkan kecintaan mereka pada matematika akhirnya yang mengantarkan mereka untuk memilih Matematika Unpar. Keduanya pun sama-sama mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan studi di Delft University of Technology; Marwan dengan fokus pada applied geophysic dan Zilko dengan fokus pada applied mathematics.

Baik Marwan maupun Zilko sama-sama menyatakan bahwa keduanya mensyukuri kesempatan yang datang pada mereka, terutama untuk belajar di universitas luar negeri. Meskipun ada perbedaan budaya yang cukup jauh antara Indonesia dan Belanda, kesulitan hanya ditemui pada masa-masa awal adaptasi. Selebihnya, terutama di jaman modern ini, kesulitan tersebut sudah teratasi dengan adanya teknologi. Seperti video calldan Skype yang mempermudah komunikasi dengan keluarga di tanah air. Selain itu, mahasiswa Indonesia di Belanda pun juga jumlahnya cukup banyak.

Matematika pada Eksplorasi Minyak

Marwan saat ini bekerja di Royal Dutch Shell sebagai technical analayst. Menurut Marwan, banyak pengaplikasian matematika yang berguna pada bidang pengeboran minyak. Shell yang fokus pada pencarian titik strategis dan ekonomis pengeksplorasian minyak sangat membutuhkan perhitungan data yang tepat. Komputasi adalah salah satu keahlian yang dibutuhkan. 

Marwan menjelaskan bahwa proses pengeksplorasian titik tersebut memakan waktu yang lama, setidaknya butuh waktu dua tahun untuk mendapatkan hasil yang tepat. Proses itu melibatkan pengakuisisian data selama tiga hingga empat bulan, pemrosesan dan interpretasi data selama setahun lebih, komparasi data dengan sampel yang telah ada, juga simulasi modelling. Komputasi dibutuhkan karena data-data yang diolah pada proses tersebut jumlahnya sangt banyak dan termasuk big data. Kemampuan matematika pun digunakan untuk mengoptimalkan algoritma-algoritma tersebut. 

Statistika dan Pengolahan Data

Zilko juga menyampaikan hal yang kurang lebih sama dengan Marwan. Pengaplikasian matematika pada big data sangat banyak dan dibutuhkan di berbagai bidang serta perusahaan. Zilko yang saat ini menjabat sebagai seorang data scientist di Booking.com pun menyampaikan bahwa penggunaan big data banyak ditemui di lingkungan kerjanya. Big data digunakan untuk diproses dan memperoleh nilai yang disesuaikan dengan tujuan perusahaan. Scientist atau ilmuan, menurut Zilko, bertanggung jawab untuk mendapatkan jawaban yang akurat dari tujuan perusahaan sesuai dengan kaidah-kaidah ilmiah. 

Dalam memproses big data, salah satu kemampuan matematika yang digunakan adalah statistika. Statistika juga dimanfaatkan agar dapat menghasilkan data yang bersih dari noise. Banyak ilmu dan aplikasi matematika yang dapat digunakan dan dimanfaatkan pada berbagai bidang perusahaan. Sehingga dewasa ini peluang kerja jurusan Matematika dapat ditemui dan terbuka dengan sangat luas. (AKA/DAN – Divisi Publikasi)