Home / Berita Terkini / Jurnal Unpar Menembus SINTA 2

Jurnal Unpar Menembus SINTA 2

Komunitas Akademik Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) terus meningkatkan kualitas penelitian melalui jurnal ilmiah yang dikelola oleh berbagai pusat studi yang tersebar di fakultas yang dimiliki Unpar. Salah satunya adalah melalui akreditasi jurnal baik di tingkat nasional juga internasional. Jurnal yang terakreditasi 

Dalam sistem akreditasi nasional, setiap jurnal yang dianggap memiliki kualitas yang baik dapat didaftarkan dalam SINTA. SINTA atau Science and Technology Index adalah portal ilmiah daring yang dikelola oleh Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) Republik Indonesia. Melalui SINTA, dapat dilakukan pengukuran kinerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang meliputi antara lain kinerja peneliti, penulis, author, kinerja jurnal dan kinerja institusi Iptek.

Tahun 2019 menjadi babak baru bagi penyelenggaraan jurnal ilmiah yang ada di Unpar. Hal ini ditandai dengan terakreditasinya dua jurnal Unpar dalam SINTA, yaitu Jurnal Veritas et Justitia (VeJ) yang dikelola oleh Fakultas Hukum, serta Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional (JIHI) dari Parahyangan Centre for International Studies (PACIS). Keduanya telah berhasil mengajukan Akreditasi Jurnal Nasional (Arjuna) dan masuk dalam kategori Sinta 2 (S2). 

Dikutip dari Laporan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018 yang diterbitkan oleh LPPM Unpar, kualitas kedua jurnal ilmiah tersebut sudah diakui baik oleh komunitas akademik Unpar maupun juga masyarakat umum. Adapun Jurnal VeJ telah diterbitkan secara elektronik sejak 2015, dengan dasar sebagai forum ilmiah bagi tenaga pengajar dan profesional hukum untuk mengemukakan gagasannya. 

Di sisi lain, JIHI telah terbit secara cetak sejak 2005. Namun, JIHI baru dipublikasikan secara online pada 2012 memanfaatkan Online Journal System (OJS). Jurnal ini menjadi ruang menulis bagi akademisi hubungan internasional dari berbagai fokus kajian, dari kajian keamanan, ekonomi politik internasional, rezim dan organisasi internasional, kajian gender, media, diplomasi dan sebagainya. 

Selain kedua jurnal tersebut, Unpar juga telah memiliki dua jurnal lain yang terdaftar dalam SINTA, yaitu Bina Ekonomi (FE) yang telah meraih akreditasi SINTA 3, serta Jurnal Rekayasa Sistem Industri (FTIS) yang terakreditasi SINTA 4.

Prestasi yang diraih oleh Jurnal Veritas et Justitia serta Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional membuktikan bahwa kualitas jurnal yang dikelola oleh komunitas akademik Unpar telah diakui oleh masyarakat ilmiah Indonesia. Diharapkan jurnal-jurnal dari berbagai disiplin ilmu yang telah dirintis oleh berbagai program studi di Unpar mampu mengikuti jejak langkah untuk meningkatkan kualitas keilmuan Unpar, dan secara umum Indonesia.

Jurnal Veritas et Justitia dapat diakses dalam Sinta 2 melalui tautan http://sinta2.ristekdikti.go.id/journals/detail?id=157, sedangkan Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional dapat diakses melalui tautan http://sinta2.ristekdikti.go.id/journals/detail?id=1297.  Keempat jurnal tersebut juga dapat diakses melalui http://journal.unpar.ac.id.