Home / Berita Terkini / IO Unpar Sambut Mahasiswa Asing

IO Unpar Sambut Mahasiswa Asing

Kantor Internasional dan Kerjasama Universitas Katolik Parahyangan (KIK Unpar) menyambut mahasiswa internasional Unpar periode semester genap tahun 2019. Acara ini diadakan oleh International Office (IO) KIK di Harris Hotel and Convention Ciumbuleuit, Bandung, pada Jumat (8/2). Selain dihadiri oleh tim IO Unpar sebagai penyelenggara acara, kegiatan ini juga dihadiri sejumlah penanggungjawab ACICIS Unpar.

Mahasiswa asing yang baru bergabung dengan Unpar pada semester ini berjumlah 15 orang, baik yang mengikuti program Australian Consortium for ‘In-Country’ Indonesian Studies (ACICIS) dan Bilateral Program dengan mitra universitas luar negeri yakni Swedia, Jerman, Italia, Perancis, dan Vietnam.

Pada kesempatan tersebut, Ratih Indraswari S.IP,MA Kepala Bagian Kerja Sama KIK Unpar memberikan informasi singkat mengenai program ACICIS dan Bilateral di Unpar. Selain itu, beliau juga mengajak mahasiswa asing untuk belajar bahasa Indonesia melalui lembaga Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) Unpar selama berkuliah di Unpar.

And hopefully you can speak Indonesian after six months (by) taking BIPA class,” ungkap Ratih dalam kata sambutannya.

Ditemui secara terpisah, Theodorus Riswandi Koordinator In-Bound Programme IO Unpar mengatakan, pada Januari lalu, para mahasiswa asing telah menghadiri kegiatan orientasi IO sebelum memulai masa studi di Unpar.

“Mereka (para mahasiswa asing) terlihat antusias ingin kuliah di Unpar. Mereka seneng di sini. Dibantu juga sama mahasiswa Unpar (student buddy). Jadi, mereka bisa cepet adaptasi juga,” ungkap Theo.

Pada Maret 2019 mendatang, mahasiswa asing Unpar akan mengikuti kegiatan Cultural Visit di sejumlah lokasi pembelajaran budaya Jawa Barat di Bandung.