Home / Alumni / IKA Unpar Siap Bersinergi Mengembangkan Almamater

IKA Unpar Siap Bersinergi Mengembangkan Almamater

Dalam Kongres XI Ikatan Alumni Universitas Katolik Parahyangan (IKA Unpar) yang diselenggarakan pada September 2020, Ivan Petrus Sadik yang merupakan alumnus Fakultas Hukum Unpar terpilih sebagai Ketua IKA Unpar Periode 2020-2023. 

Berbagai rencana telah disusun oleh ketua beserta pengurus IKA Unpar yang baru untuk memberikan kontribusi maksimal bagi pengembangan alumni, universitas dan masyarakat. Melalui wawancara singkat bersama Tim Publikasi Unpar pada Selasa (20/10/2020), Ivan Sadik membicarakan visi dan misi serta harapan bagi perkembangan IKA Unpar serta almamater

Visi dan Misi

“Saya ingin Unpar menjadi universitas pilihan pertama (bagi) yang mau kuliah di Indonesia,” ungkap Ivan mengawali wawancara. Visi para alumnus ini diikuti oleh berperan pentingnya alumni Unpar dalam segala segi kehidupan di Indonesia. Dalam mewujudkan visi tersebut, tentulah ada beberapa misi yang perlu dicapai oleh IKA Unpar.

Pertama, IKA Unpar adalah memberikan kesempatan dan pengalaman nyata bagi para lulusan Unpar, yaitu dalam mengembangkan kariernya, melalui usaha alumni Unpar. “Kedua,” lanjut Ivan, adalah, “Melakukan kegiatan yang bermanfaat, baik bagi alumni, bagi Unpar sendiri, atau masyarakat banyak.”

Sinergi seperti program Alumni Mengajar diharapkan dapat melengkapi pemelajaran mahasiswa dari pengetahuan dan pengalaman alumni di dunia nyata. “Mahasiswa jadi lebih tahu kenyataan yang ada.” jelas Ivan. Disisi lain, ia melanjutkan, “Buat Alumninya, bisa berbagi ilmu, merasa terikat dan menjadi bagian dari Unpar, dan bisa merasa dihargai oleh Unpar.” 

Program lain yang berdampak nyata bagi masyarakat juga akan terus ditingkatkan. “Hal-hal yang bersifat pengabdian, CSR,” adalah contoh program yang disampaikan oleh Ivan. Program-program tersebut merupakan tanggapan akan isu yang tengah terjadi, maupun fenomena dalam jangka panjang, yang dikemas melalui aktivitas penyuluhan, diskusi, dan masih banyak lagi.

Terakhir, IKA Unpar akan terus meningkatkan perannya sebagai wadah silaturahmi alumni Unpar. “Alumni bisa bersinergi untuk banyak hal,” ungkap Ivan, “sehingga kehidupannya menjadi lebih baik.” Lewat aktivitas seperti olahraga bersama, reuni dan aktivitas kebersamaan lain, IKA Unpar dapat memberikan rasa bahagia sesuai minat dan kebutuhan para anggotanya.

Bergerak Bersama

Sebagai alumnus yang aktif berorganisasi, Ivan mengakui bahwa alumni Unpar telah dan terus berkolaborasi mencapai tujuan yang sama. “Semua (alumni) berusaha berbuat maksimal ke arah yang sama,” jelasnya. Lebih lanjut, IKA Unpar ingin meningkatkan sinergi antara Unpar dengan alumni, dari berbagai fakultas maupun mahasiswa. 

Sinergi ini diharapkan dapat memberikan dampak yang menyenangkan serta manfaat bagi semua alumni yang terlibat. Tidak hanya dalam bentuk program acara, namun juga dukungan moral dan material khususnya bagi mahasiswa. “Ada perhatian untuk beasiswa, dana abadi,” ujar Ivan, “Mudah-mudahan bisa berjalan.” 

Di satu sisi, program IKA Unpar yang dikemas santai dan ceria sangat efektif dan terasa dalam meningkatkan dinamika dan kebersamaan alumni. Seperti yang disampaikan oleh Ivan, bahwa, “Sangat saya rasakan sekali buat saya pribadi.” Namun, ada pula prinsip-prinsip ideal yang tak bisa dikesampingkan, terlihat dalam aktivitas para alumnus. Banyak alumni Unpar berkomitmen terlibat dalam mewujudkan hal tersebut. Tentu hal ini dapat memberi dampak positif dan nyata tidak hanya bagi alumni dan komunitas Unpar, melainkan juga bagi masyarakat luas.

Saling Dukung

Untuk mewujudkan berbagai program yang mampu menyinergikan alumni, almamater, dan masyarakat, Ivan menegaskan bahwa kerjasama seluruh pihak sangat penting. “Perlu support dari fakultas maupun universitas,” katanya.  Ke depan, Ivan bersama IKA Unpar mengajak lebih banyak kolaborasi program antara alumni dengan komunitas Unpar, termasuk mahasiswa. 

Khususnya adalah kegiatan yang mempertemukan secara langsung alumni dan mahasiswa untuk berbagi dan berbincang bersama. “Itu sangat bermanfaat bagi mahasiswa,” tambahnya. Untuk mencapai hal tersebut, IKA Unpar terus meningkatkan komunikasi dan berinteraksi dengan mahasiswa dan universitas. 

Sejak dulu, Unpar adalah salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Hal ini kentara dalam kualitas diri para alumni Unpar. “Anak Unpar bisa menunjukkan kualitas sendiri,” kata Ivan, “Tentu ini berkat tempaan masa belajar di Unpar.” Ivan mewakili IKA Unpar berharap agar Unpar dapat terus maju dan berkembang, semakin cemerlang dan sukses di masa mendatang.  “Kita, alumni, siap support!” pungkas Ivan.