Home / Alumni / HMPSMa 2017/2018: “Melayani, Aktif, Peka, dan Nyata”

HMPSMa 2017/2018: “Melayani, Aktif, Peka, dan Nyata”

MAPAN, “Melayani, Aktif, Peka, dan Nyata” adalah visi yang dibawa oleh teman-teman pengurus Himpunan Program Studi Matematika Universitas Katolik Parahyangan (HMPSMa Unpar) periode 2017/2018.

Tidak terasa satu tahun berlalu begitu cepat. HMPSMa di bawah kepengurusan Livia Belinda sang ketua himpunan (Kahim) telah menyelesaikan tugas dan tanggung jawab melalui berbagai kegiatan serta program kerja (Proker) himpunan.

Seperti himpunan lain, HMPSMa memiliki beragam kegiatan. Mulai dari Made United yang memperkenalkan HMPSMa kepada mahasiswa Matematika Unpar. Lalu, Divisi Akademik menyuguhkan sejumlah kegiatan seperti Math Club yang mengajarkan pelajaran Matematika kepada mahasiswa baru, Talkshow Matematika yang mengundang alumni, pelatihan Latex–software untuk mengetik skripsi, serta pelatihan aktuaria. Tak ketinggalan, divisi olahraga juga rutin menggelar acara bertajuk “Match” (Matematics Championship) serta olahraga rutin untuk anggota himpunan.

Di bidang penelitian dan pengembangan, HMPSMa mengadakan kegiatan kunjungan perusahaan dan studi banding. Lain halnya dengan divisi humas dan pengabdian kepada masyarakat (abdimas), yang mengajarkan pelajaran Matematika kepada siswa SD melalui kegiatan live in di desa dengan tajuk “MathCares”.

Bersama Prodi Matematika, tim HMPSMa berpartisipasi dalam penyelenggaraan kegiatan abdimas yakni Komunitas Ibu Belajar Matematika (IBM). Selain itu, tim secara rutin mengadakan kegiatan sosial, antara lain kunjungan ke panti asuhan dan panti jompo.

Ada juga Kompetisi Matematika (Komat) yang merupakan proker eksternal Program Studi Matematika bekerjasama dengan HMPSMa sebagai bagian dari tim panitia penyelenggara. Kompetisi tahunan tersebut diperuntukkan bagi siswa-siswi SMP dan SMA se-Indonesia.

Kepada Tim Publikasi, Livia mengatakan bahwa kegiatan baru yang ada di himpunan periode 2017/2018 yaitu kemah (camping) bersama yang diharapkan bisa saling mendekatkan sesama mahasiswa Matematika. Kegiatan ini terbuka bagi seluruh mahasiswa Matematika Unpar. Acara Math Gathering, Temu Sapa Matematika, juga Sinemat (Nonton bareng) semakin menambah suasana keakraban dan kekeluargaan. Berbagai kegiatan tersebut didokumentasikan oleh tim Divisi Humas lewat mading dan Buletin Toejoeh Satoe HMPSMa.

Ia mengakui, meskipun HMPSMa bisa dikatakan himpunan yang kecil dengan sedikit anggota, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat teman-teman himpunan untuk secara rutin menggelar beragam acara himpunan dengan antusias.

“Sumber daya mahasiswa sedikit. Jadi di proker yang banyak harus pinter-pinter (koordinasi),” katanya yang merupakan angkatan 2015.

Tak dipungkiri, selalu ada tantangan di setiap perjalanan. Peluang yang ada pun selalu jadi solusi. “Harus bisa deal with people,” ungkap Livia yang mengaku mendapat banyak pengalaman baru selama menjadi Kahim HMPSMa.

Tentu beragam proker tersebut bukan tanpa tujuan yang positif. “Dampak yang paling terasa itu (ketika bisa) kenal, terus kita bisa saling membantu antarangkatan,” ujarnya. Misalnya saja, tambah Livia, lewat acara ringan seperti Sinemat (Nobar), mahasiswa Matematika Unpar bisa makin solid dan kompak. Kegiatan refreshing  itu, katanya, diadakan setiap semester setelah Ujian Tengah Semester (UTS) berakhir. “Dibikin di kampus, yang murah meriah. Kita (sedia) snack. Rame-rame bareng. Ada games juga,” semangatnya.

Livia berharap, HMPSMa bisa lebih eksis di Unpar. “Semoga bisa lebih  kerasa keakraban dan kekeluargaannya (antar dosen, mahasiswa, alumni). Proker itu bukan suatu rutinitas tapi juga bisa berguna bagi seluruh mahasiswa,” pungkasnya.