Home / Berita Terkini / Himpunan Teknik Kimia Gelar Seminar Keprofesian

Himpunan Teknik Kimia Gelar Seminar Keprofesian

Mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja nyata sangat penting, terlebih bagi mahasiswa. Meskipun sudah memiliki keahlian dan ilmu yang mumpuni, terkadang seseorang masih mengalami kesulitan dalam menentukan masa depan mereka. Bimbingan dari pakar terkemuka maupun orang yang telah berpengalaman menjadi pelajaran berharga bagi kaum muda. Oleh karena itu, ajang keprofesian menjadi tempat yang sangat tepat bagi mahasiswa untuk mempelajari berbagai peluang di masa mendatang.

Untuk membantu mahasiswa dalam mempersiapkan masa depannya, Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Kimia (HMPSTK) Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) mengadakan Seminar Keprofesian. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya dan ditujukan bagi mahasiswa baru. Kegiatan ini bertujuan untuk membuka cakrawala mahasiswa baru akan luasnya dunia kerja dan profesi yang bisa mereka jalani setelah mengakhiri masa perkuliahan.

Tahun ini, Seminar Keprofesian mengangkat tema “Peran Lulusan Teknik Kimia dalam Pemerintahan, Swasta/ Asing, dan Wirausaha.” Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa Teknik Kimia Unpar, khususnya mahasiswa baru angkatan 2017, meski ada pula peserta yang berasal dari angkatan yang lebih tinggi. Seminar diselenggarakan di Mgr. Geisse Lecture Theatre (Audio Visual) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Sabtu (23/9).

Kegiatan ini mengundang lima orang narasumber, termasuk alumni Unpar yang berprofesi di berbagai bidang kerja. Para narasumber terdiri dari akademisi, wirausahawan, peneliti di lembaga pemerintahan, perusahaan swasta maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Melalui keberagaman narasumber, peserta seminar mendapat berbagai ilmu dari perspektif yang berbeda-beda.

Di sela-sela penyelenggaraan acara seminar, Tanya Marcella Ketua Pelaksana Seminar Keprofesian, menjelaskan bahwa kegiatan ini menjadi ajang pengenalan, khususnya bagi mahasiswa baru, seluk belum keilmuan teknik kimia. “(Seminar ini) mengenalkan teknik kimia kepada mahasiswa dan masyarakat teknik kimia, supaya mereka lebih mengenal lagi teknik kimia.” ujarnya. Selain itu, ungkapnya, melalui seminar ini mahasiswa juga dapat mengetahui potensi profesi bagi lulusan teknik kimia. Diharapkan, mahasiswa dapat mempersiapkan diri sebagai ahli, baik praktisi maupun akademisi di bidang teknik kimia.