Home / Berita Terkini / Halal Bihalal Unpar, Wujudkan Kerukunan dalam Keberagaman

Halal Bihalal Unpar, Wujudkan Kerukunan dalam Keberagaman

Keberagaman adalah harta paling berharga yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia. Oleh karenanya, penting bagi kita untuk menjaga keberagaman tersebut. Salah satu cara menjaga keberagaman adalah dengan mempererat tali silaturahmi, karena dengan terjalinnya silaturahmi, akan tumbuh rasa saling pengertian yang berujung pada terciptanya kerukunan dalam masyarakat.

‘Kerukunan dalam Keberagaman sebagai Wujud Fitrah Manusia yang Sesungguhnya’ menjadi tema yang diangkat dalam acara Halal Bihalal Universitas Katolik Parahyangan (Unpar). Acara ini diselenggarakan pada Kamis (28/6) di Aula Gedung 9, Fakultas Ekonomi Unpar. Acara dihadiri oleh Profesor Uman Suherman selaku Koordinator Kopertis Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, Pst. Hendra Kimawan OSC. mewakili pengurus Yayasan Unpar, pimpinan universitas/biro/unit/lembaga Unpar, pimpinan lembaga pemerintahan baik sipil maupun militer di sekitar Kampus Unpar, warga masyarakat Ciumbuleuit dan sekitarnya, purna bakti, serta sivitas akademika Unpar.

Mewujudkan komunitas kebhinekaan

Wakil Rektor III Unpar, Dr. Paulus Sukapto menyalami tamu undangan yang hadir

Membuka acara, Rektor Unpar Mangadar Situmorang Ph.D memberi ucapan selamat Idul Fitri kepada para undangan, sembari menjelaskan kembali visi Unpar untuk mewujudkan masyarakat yang humanum, penuh cinta kasih, dan menjunjung tinggi keberagaman. “Unpar ada di dalam semangat bersama dalam keberagaman, rukun dalam perbedaan, dalam ikhtiar mencari kebenaran dan mewujudkan kebaikan bersama,” katanya. Jati diri Unpar, lanjutnya, sejalan dengan nilai-nilai luhur masyarakat Parahyangan yang ditujukan bagi kemajuan seluruh elemen masyarakat.

Siraman Rohani yang disampaikan oleh Profesor Uman Suherman menyoroti pentingnya menjaga hubungan kekeluargaan di antara sesama manusia. “Kita ditakdirkan oleh Allah menjadi manusia yang berasal dari sumber yang sama, tetapi dalam warna-warna, kapasitas yang berbeda,” jelasnya. Silaturahmi menjadi sangat penting dalam menjaga kekeluargaan seluruh umat manusia tanpa melihat perbedaan individu maupun kelompok. Manusia yang berilmu juga senantiasa meningkatkan diri dan belajar untuk menjadi insan yang rendah hati, mampu menghargai dan menghormati insan lain. Profesor Suherman juga mengapresiasi upaya Unpar dalam menjalin kerukunan bersama dengan masyarakat sekitar, sebagai contoh bagi perguruan tinggi lain untuk berkembang bersama masyarakat.

Ajang silaturahmi

Permainan kelompok yang melibatkan tamu undangan

Untuk menghangatkan suasana Halal Bihalal, panitia mengadakan permainan-permainan menarik yang diikuti oleh para peserta dengan antusias. Permainan seperti menyusun kalimat,  sajian ketupat platting ketupat, lomba makan, serta lomba membuat ketupat. Tamu undangan juga berkesempatan mendapatkan berbagai door prize menarik dan bersilaturahmi langsung dengan pimpinan Unpar, yang diakhiri dengan sesi ramah tamah seluruh tamu undangan.