Home / Berita Terkini / Gathering and Introducing International Relations 2017

Gathering and Introducing International Relations 2017

Memasuki tahun ajaran 2017-2018, Program Studi (Prodi) Ilmu Hubungan Internasional Universitas Katolik Parahyangan (HI Unpar) kembali menyelenggarakan Gathering and Introducing International Relations (GINTRE). GINTRE merupakan sebuah rangkaian pengenalan bagi mahasiswa baru HI Unpar untuk mengetahui lebih dalam mengenai ilmu hubungan internasional dan praktiknya.

GINTRE sendiri berlangsung kurang lebih selama sebulan yang diadakan setiap akhir minggu. Pada pertemuan akhir akan diadakan sidang formal dan informal. Para mahasiswa baru dibagi menjadi beberapa delegasi untuk memainkan peran sebagai perwakilan suatu negara, dimana setiap negara terdiri atas 4-5 orang peserta.

Pada minggu pertama GINTRE, mahasiswa baru diberikan pengarahan dan gambaran mengenai sidang formal seperti Rules of Procedures (RoP) dan materi yang menjadi bahan pembahasan saat sidang formal GINTRE. Di minggu kedua, diadakan simulasi sidang formal GINTRE guna mempraktikan serta berlatih bagaimana berperilaku saat sidang berlangsung.  Sidang formal diselenggarakan dengan format Model United Nations (MUN) pada minggu berikutnya.

Tema besar yang diangkat pada sidang formal GINTRE 2017 adalah “United Nations Development Programme Assembly in Countering Water Scarcity and Water Contamination”. Sidang formal tersebut dibagi menjadi 2 chamber dengan dua subtopik yang berbeda. Chamber pertama dengan topik Water Scarcity sedangkan chamber kedua dengan topik Water Contamination. Sebanyak 239 mahasiswa baru dibagi menjadi 36 delegasi. Setiap chamber yang masing-masing terdiri dari tiga aliansi membuat draft resolusi yang nantinya akan dibacakan serta dilakukan voting untuk menentukan draft resolusi dari aliansi mana yang akan diadopsi sebagai hasil sidang.

Puncak rangkaian GINTRE 2017 akan berakhir pada Sabtu (30/9) mendatang. Kegiatan ini akan ditutup dengan sesi informal GINTRE. Pada sesi tersebut, seluruh delegasi akan melakukan pengabdian kepada siswa-siswi sekolah dasar di sekitar Kota Bandung.