Home / Berita Utama / Garlika Martanegara Ketua Baru IKA FISIP Unpar

Garlika Martanegara Ketua Baru IKA FISIP Unpar

R.A Garlika Martanegara terpilih sebagai ketua Ikatan Alumni (IKA) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) periode 2017-2020. Alumnus Program Studi (Prodi) Ilmu Administrasi Negara (saat ini Prodi Ilmu Administrasi Publik) angkatan 1999 tersebut terpilih sebagai calon tunggal melalui sidang pleno dalam Kongres III IKA FISIP 2017.

Dalam wawancara dengan Tim Publikasi Unpar beberapa waktu lalu, Garlika mengungkapkan bahwa ia merasa bangga dan bersyukur, rekan-rekan senior dan junior memberikan kepercayaan yang begitu besar kepadanya. Peran baru ini, lanjutnya, sekaligus memberikan tantangan berupa amanah yang harus dijalankan dengan baik.

‘Parahyangan Berbakti untuk Negeri’ menjadi Visi dan Misi kepengurusan IKA FISIP Unpar dalam empat tahun mendatang. Hal tersebut, ungkap Garlika, “Sesuai dengan maksud Mgr. Geisse ketika mendirikan Unpar, dimana sebagai alumni harus mampu berbakti setidaknya untuk tatar parahyangan dan lebih luasnya untuk NKRI.”

“Selain itu, juga memiliki rasa kepedulian terhadap almamater tercinta dan menjalin network dengan sesama alumni,” imbuhnya yang kini aktif di Yayasan Arsitektur Hijau Nusantara.

Bersama dengan segenap pengurus IKA FISIP baru, beliau mengatakan bahwa program kerja, agenda, kegiatan IKA FISIP akan difokuskan pada program branding, pengabdian kepada masyarakat, serta kerja sama dengan kampus FISIP Unpar.

Kongres yang digelar pada Sabtu (29/7) lalu bertempat di Ruang Auditorium (3501) Gedung 3, Kampus Unpar Ciumbuleuit dihadiri oleh para pengurus IKA FISIP serta alumni Prodi Ilmu Administrasi Publik, Administrasi Bisnis, dan Hubungan Internasional.

Acara tersebut berisi laporan pertanggungjawaban pengurus IKA FISIP Unpar, pemilihan ketua IKA FISIP Unpar periode 2017-2020, perumusan aspek keorganisasian dan program kerja serta diakhiri sesi silaturahmi dan inisiasi pembentukan IKA Jurusan (Prodi).

Salah satu agenda yang dibahas dalam Kongres III IKA FISIP 2017 yaitu mengenai pembentukan IKA Prodi. Menurut Garlika, agenda ini sangat baik dan sudah mulai dijalankan. IKA Prodi akan memudahkan pendataan alumni FISIP, networking, serta pelaksanaan program IKA FISIP secara keseluruhan.

Ketika ditanya tentang makna FISIP Unpar baginya, Garlika mengungkapkan bahwa FISIP Unpar sangat bermakna.

“Tanpa merasakan kuliah di FISIP Unpar, karakter kita ga akan terbentuk seperti ini. Karakter yang dibentuk menjadikan kita lebih survive dan menjadi orang yang berani untuk fight”, ujarnya.

“… Begitu lulus apalagi terjun di masyarakat yang plural itu berasa banget hasil pembentukan karakter di FISIP Unpar”, tambahnya.

Garlika yang kini menjadi Sekjen Gabungan Petani Kopi Hutan dan Kebun Provinsi Jawa Barat mengungkapkan harapannya melalui pergantian kepengurusan IKA FISIP agar program kerja serta visi dan misi dapat tercapai bagi keberadaan serta kemajuan IKA FISIP Unpar di masa kini dan mendatang. “Harapan ya tercapainya program-program dan visi misi”, ungkapnya antusias.

Kegiatan pemilihan ketua serta pergantian pengurus IKA FISIP 2017 juga diharapkan dapat meningkatkan rasa persaudaraan yang erat, menciptakan network bagi alumni, serta dapat meneruskan cita-cita Mgr. Geisse sebagai salah satu pendiri Unpar dalam mengabdikan ilmu dan dedikasi bagi tanah Parahyangan serta bangsa Indonesia.

“Tentunya sangat dibutuhkan saling kerja sama (antaralumni). Misalnya dalam program ataupun kerja sama seperti (program) magang bagi mahasiswa, maupun kerja sama luar negeri”, pungkasnya.