Home / Berita Terkini / Futsal Putri Unpar Juara Dua Imkasor Cup

Futsal Putri Unpar Juara Dua Imkasor Cup

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Futsal Putri Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) meraih juara 2 dalam Ikatan Mahasiswa Sorong Raya (Ikmasor) Cup II pada Sabtu (4/3) lalu di Lapangan Progresif Soekarno-Hatta Bandung.

Pengurus Divisi Futsal Putri Gloria Islami mengatakan Ikmasor Cup II ini merupakan turnamen futsal se-Jawa dan Bali yang diadakan setiap tahun untuk memperingati hari ulang tahun ikatan mahasiswa itu. Ia menyebutkan kategori turnamen tersebut terdiri dari futsal putra yang diikuti oleh 25 tim dan futsal putri sebanyak delapan tim dengan menggunakan sistem gugur.

Turnamen terbuka untuk umum sehingga dapat diikuti oleh paguyuban, organisasi, komunitas, ikatan mahasiswa, maupun universitas. Mahasiswi program studi Ekonomi Pembangunan ini menuturkan bahwa pada kategori futsal putri, tim Unpar merupakan satu-satunya universitas yang berpartisipasi, sedangkan tim lainnya berasal dari komunitas dan ikatan mahasiswa.

Gloria mengungkapkan meskipun tim futsal putri Unpar belum pernah bertanding di Ikmasor Cup sebelumnya, namun tim berhasil membawa pulang piala Juara ke-2.

“Awalnya, kita mencari turnamen futsal yang diadakan di Jawa Barat. Kebetulan, Ketua UKM kita memberikan informasi kalau ada turnamen futsal putri di Bandung. Jadi, kita langsung ikut karena susah mencari turnamen futsal putri di Bandung,” ujar Gloria melalui suatu aplikasi percakapan.

Menurut Gloria, waktu persiapan mengikuti turnamen hanya tiga minggu dengan jadwal berlatih dua kali dalam satu minggu dan fokus kepada kekompakan tim.

Meskipun dengan persiapan yang singkat, Gloria menyatakan tidak ada kesulitan selama pertandingan berlangsung, namun performa tim kurang maksimal. Melawan tim tuan rumah Ikmasor FC membuat jantung Gloria cs berdebar. Pendukung Ikmasor FC memenuhi tribun di sekitar lapangan, termasuk panitia turnamen. Tidak hanya itu, salah satu pemain tim tuan rumah kerap mencetak gol sehingga dinobatkan sebagai top scorer.

“Walaupun kita kalah 2-4, tapi penonton antusias dengan permainan kita. Bahkan, banyak penonton dan panitia minta berfoto dengan tim. Kita merasa sangat diapresiasi,” katanya.

Menurut mahasiswi angkatan 2016 itu, mengikuti Ikmasor Cup II ini memotivasi tim futsal putri Unpar untuk meraih juara di turnamen mendatang. Ia menambahkan, selain meningkatkan kekompakan dan kekeluargaan tim, melalui turnamen ini mereka pun menjalin pertemanan baru dengan kawan-kawan mahasiswa dari timur Indonesia, terutama Kota Sorong.