Home / Berita Terkini / Forbes Volume II Hadirkan Ruang Aspirasi bagi Mahasiswa Unpar

Forbes Volume II Hadirkan Ruang Aspirasi bagi Mahasiswa Unpar

Ada yang berbeda dengan Forum Bersama (Forbes) Bersama Angkat Aspirasi (Beraksi) yang diselenggarakan secara daring oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (BEM Unpar) pada Jumat (29/5/2020). Pada forum yang diikuti dan disaksikan oleh lebih dari 300 mahasiswa ini, Rektor Unpar Mangadar Situmorang, Ph.D., para Wakil Rektor Unpar, beserta pimpinan dan jajaran Rektorat Unpar lainnya hadir untuk berdiskusi dan mendengarkan aspirasi mahasiswa.

Forum yang mengangkat tema “Covid-19: Apa Kabar Mahasiswa?” dipandu oleh Julian Farrell selaku Kepala Bidang Dinamika Kampus BEM Unpar. Dalam forum yang berlangsung selama tiga jam ini, para mahasiswa secara bergantian menyampaikan pertanyaan dan mengemukakan pendapat secara langsung kepada pihak Rektorat berkaitan dengan aktivitas akademik dan kemahasiswaan di tengah Pandemi Covid-19, khususnya menghadapi Normal Baru di semester mendatang.

Rektor Unpar Mangadar Situmorang menyambut baik partisipasi mahasiswa secara aktif dalam forum serta kesediaan BEM Unpar dalam memfasilitasi aspirasi mahasiswa secara virtual. “Unpar hanya bisa kuat ketika kita semua bersinergi, berkolaborasi untuk maju bersama,” ungkap Mangadar. Solidaritas dan sinergi mahasiswa adalah hal yang patut dipertahankan di tengah situasi ini. Ia menambahkan pula, “Dengan kebersatuan kita, Unpar bisa terus berkembang.”

Di sisi lain, Ketua BEM Unpar Hakkinen Malik mengapresiasi kehadiran Rektorat Unpar mendengarkan aspirasi mahasiswa. Mewakili BEM Unpar, Hakkinen menyampaikan komitmen untuk terus bergerak mengumpulkan dan menyampaikan pandangan mahasiswa kepada pihak kampus. “Sebisa mungkin, kita bersama semua menang, Unpar bersama menang,” jelasnya.

Aspirasi mahasiswa menjadi masukan yang positif bagi Rektorat Unpar dalam menyusun kebijakan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan situasi yang aktual. Sebaliknya, dalam forum ini Unpar melaksanakan sosialisasi sehingga mahasiswa dapat memahami dan mendukung kebijakan-kebijakan baik yang tengah dirumuskan maupun telah diimplementasikan oleh Unpar. 

Unpar terus berharap agar seluruh komunitas akademik dapat bersinergi dalam menanggulangi dampak Covid-19, termasuk dalam menjamin keberlangsungan perkuliahan bagi seluruh mahasiswa Unpar. Di tengah situasi global ini, mahasiswa Unpar dapat memanfaatkan fasilitas dan bantuan yang disediakan Unpar untuk tetap melanjutkan kuliah dengan baik. (DAN – Divisi Publikasi)