Home / Alumni / FISIP Unpar Rayakan Hari Jadi ke-57

FISIP Unpar Rayakan Hari Jadi ke-57

Tahun ini, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Katolik Parahyangan (FISIP Unpar) genap berusia 57 tahun. Perjalanan panjang FISIP Unpar telah melahirkan alumni yang berkarya di berbagai bidang profesi. Untuk merayakan momen yang spesial ini, fakultas mengadakan rangkaian perayaan Dies Natalis FISIP Unpar ke-57 dengan tema “Global Innovation for Entrepreneurship”.

Pembacaan Laporan Dekan dan Orasio Dies diselenggarakan di Mgr. Geisse Lecture Theatre, pada Jumat (31/8). Acara ini dihadiri oleh Pengurus Yayasan yang diwakili Budi Siswanto, Rektor Unpar Mangadar Situmorang, Dekan FISIP Pius Sugeng, Ketua Ikatan Alumni (IKA) FISIP Garlika Martanegara, perwakilan fakultas di lingkungan Unpar, dosen dan tenaga kependidikan, perwakilan organisasi kemahasiswaan serta mahasiswa FISIP berprestasi.

Menyambut hadirin Orasio Dies, Pius Sugeng menyatakan kegembiraannya beserta para sivitas akademika dalam menyambut ulang tahun FISIP yang ke-57. Sementara itu, Mangadar Situmorang mengapresiasi prestasi mahasiswa dan dosen FISIP Unpar, sebagai bagian dari peningkatan universitas sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka di Indonesia. “Dirgahayu FISIP Unpar,” serunya menutup sambutan Rektor yang disambut dengan meriah oleh hadirin.

Antara ekonomi digital dan manusia

Dr. Nia Juliawati, dosen yang tengah menjabat sebagai Kepala Biro Pengembangan Modal Insani (BPMI) Unpar menjadi orator dalam Orasio Dies FISIP kali ini. Membawakan orasi ilmiah berjudul “Membangun Kewirausahaan: Antara Digital Economy dan Human Economy,” ia mengetengahkan permasalahan yang ada diantara digitalisasi ekonomi dan pengelolaan sumber daya manusia.

Dalam orasinya, ia berargumen bahwa digitalisasi (digital economy) dengan humanisasi (human economy) adalah dua sisi yang saling melengkapi khususnya dalam pengembangan kewirausahaan. Apalagi, dunia kewirausahaan didirikan dengan prinsip-prinsip inovasi. Kewirausahaan yang didukung oleh teknologi digital dan mementingkan keadilan, menurutnya, akan membantu terciptanya pemerataan kesejahteraan.

Rangkaian perayaan Dies Natalis FISIP Unpar 57 dilanjutkan dengan FISIP Day yang diadakan pada Sabtu, 1 September 2018. Acara ini dihadiri oleh sejumlah alumnus FISIP Unpar yang diantaranya merupakan public figure, politisi, dan lainnya. Fisip Day juga diisi dengan bazaar, festival budaya, talkshow dan penampilan alumni. Laporan Dekan serta Naskah Orasio Dies dapat diakses melalui http://goo.gl/mTrssE