Home / Berita Terkini / Bimbingan Teknis bagi Anggota BPSK kembali diselenggarakan

Bimbingan Teknis bagi Anggota BPSK kembali diselenggarakan

Ditjen Perlindungan Konsumen, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia bekerja sama dengan Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan (FH Unpar) kembali menyelenggarakan Bimbingan Teknis Tingkat Dasar bagi Anggota Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Angkatan I Tahun 2020 pada Selasa 3 Maret 2020, hingga Kamis 5 Maret 2020. Kegiatan yang berlangsung di Aula Pascasarjana Unpar ini diikuti oleh anggota BPSK yang bertugas menyelesaikan sengketa konsumen di kabupaten/kota di Indonesia. 

Acara pembukaan Bimtek bulan Maret 2020 dihadiri oleh Direktur Perlindungan Konsumen Kementerian Perdagangan Ibu Nina Mora, S.E., M.M., Rektor Unpar Mangadar Situmorang PhD. serta Dekan FH Unpar Dr. Iur, Liona N. Supriatna, S.H., M.Hum. Hadir pula Prof. Dr. Johannes Gunawan, S.H., LL.M., serta Prof. Dr. Bernadette M. Waluyo, S.H., M.H., CN. yang menjadi fasilitator dalam kegiatan Bimtek BPSK.

Substansi Bimtek terdiri dari dua bagian, meliputi hukum material dan hukum formal perlindungan konsumen yang didasarkan pada Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Kepmenperindag 350/MPP/Kep/12/2001 tentang Pelaksanaan dan Tugas Wewenang Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen.

Peserta Bimtek untuk setiap angkatan lazimnya berjumlah 33 orang. Namun kali ini jumlah peserta Bimtek mendapat tambahan 3 (tiga) peserta yang berasal dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa barat. Peserta Bimtek berasal dari berbagai pelosok Indonesia, termasuk Kabupaten Aceh Utara, Kota Medan, Kabupaten Asahan, Kota Pematangsiantar, Kota Sibolga, Kota Batam, Kabupaten Sumbawa, Kota Palembang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Sumedang, dan Kota Bekasi.

Kegiatan bimtek berlangsung selama kurang lebih 9 jam setiap harinya, dan ditutup dengan ujian pada hari terakhir. Peserta yang lulus memperoleh Sertifikat Kelulusan (Certificate of Achievement) dan bagi yang tidak lulus akan memperoleh Sertifikat Kehadiran (Certificate of Attendance). (/DAN – Bagian Publikasi, Sumber: Fakultas Hukum)