Home / Berita Terkini / FH Unpar Juara I NMCC Soedarto VI

FH Unpar Juara I NMCC Soedarto VI

Delegasi Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan (FH Unpar) meraih juara pertama dengan gelar Terdakwa terbaik, Saksi dan Ahli terbaik, Panitera terbaik, Penuntut Umum terbaik,  dan Penasihat Hukum terbaik dalam National Moot Court Competition Piala Prof. Soedarto VI (NMCC Soedarto VI) yang diadakan pada 15-18 September 2017.

NMCC Soedarto VI adalah kompetisi peradilan semu nasional mengenai kasus fiktif tindak pidana korupsi yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali oleh Fakultas Hukum Universitas Diponegoro,  Semarang. Pada kompetisi ini, para delegasi yang berasal dari 16 perguruan tinggi negeri dan swasta menyusun semua dokumen hukum relevan serta melakukan proses simulasi peradilan semu mengenai kasus tindak pidana korupsi.

Kompetisi ini diadakan dengan tujuan agar mahasiswa sebagai tonggak perjuangan bangsa mendapatkan pemahaman (teoritis maupun praktik) untuk menyikapi serta mengambil langkah tepat dalam rangka pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi di Indonesia. Selain itu, tujuan lainnya ialah untuk melatih kemampuan litigasi terutama di bidang tindak pidana korupsi agar mahasiswa Fakultas Hukum sebagai calon penegak hukum dapat menciptakan Indonesia yang bersih dari tindak pidana korupsi.

Kepada Tim Publikasi, Maria Ulfah S.H., M.Hum., mengatakan pada NMCC Soedarto V tahun 2015, delegasi FH Unpar meraih juara pertama. Tahun ini, delegasi FH Unpar berhasil mempertahankan juara pertama tersebut.

“Sungguh terharu, bahagia, dan bangga atas segala proses yang membuahkan hasil terbaik”, ungkap Maria yang menjadi salah satu tim dosen pembimbing mahasiswa dalam persiapan lomba NMCC 2017.

Hasil ini, imbuhnya, merupakan proses bersama delegasi dan official mahasiswa/i aktif FH Unpar yang terus bersemangat untuk berkreasi dalam peradilan semu, juga alumni yang turut membantu, para dosen yang terlibat, dukungan dekanat, serta kehendak Tuhan Yang Maha Esa.

“Semoga segala proses dan hasil terbaik ini semakin meningkatkan minat berkreasi Ilmu Hukum bagi mahasiswa FH Unpar dalam beragam kompetisi serta kelak ketika mereka menjadi penegak hukum (atau menjalani profesi lain bagi masyarakat Indonesia) dapat mencegah dan memberantas tindak pidana korupsi,” pungkasnya.