Home / Berita Terkini / Fakultas Hukum Unpar Rayakan Hari Jadi ke-62

Fakultas Hukum Unpar Rayakan Hari Jadi ke-62

Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan (FH Unpar) menggelar Orasio Dies Natalis ke-62 tahun pada Selasa (15/9/2020). Sesuai dengan imbauan pemerintah dan universitas, kegiatan luring diselenggarakan terbatas, dengan mayoritas tamu undangan yang terdiri dari pimpinan universitas, alumni, dan mahasiswa, beserta pembicara utama dan orator menghadiri acara secara daring melalui aplikasi konferensi video.

Orasio Dies kali ini mengangkat tema yang relevan terhadap perubahan zaman. Melalui tema “Implementasi Proses Persidangan Perkara Pidana Melalui Sistem Peradilan Elektronik Pada Masa Covid-19 di Seluruh Peradilan Indonesia”, orasi menyoroti perubahan 

Acara diawali dengan doa syukur serta sambutan dari Ketua Ikatan Alumni (ILUMNI) FH Unpar Ivan Sadik, S.H., Dekan FH Unpar Dr. iur. Liona N. Supriatna, Ketua Senat FH Unpar Prof. Johannes Gunawan, Rektor Unpar Mangadar Situmorang, Ph.D., serta Yayasan Unpar yang diwakili oleh Pst. B. Hendra Kimawan, OSC. selaku Sekretaris Umum Yayasan Unpar. Acara kemudian dilanjutkan dengan laporan dari Dekan FH Unpar.

Dr. iur. Liona N. Supriatna memaparkan kemajuan-kemajuan yang telah dicapai oleh FH Unpar selama satu tahun ke belakang. Sebagai salah satu fakultas hukum terbaik di Indonesia, FH Unpar berkomitmen untuk mengembangkan institusinya dan melahirkan insan hukum yang berkualitas serta berkontribusi positif dalam perkembangan hukum di Indonesia.

Peradilan Elektronik

Dies FH Unpar kali ini dihadiri oleh Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia yang juga merupakan alumnus Program Doktor FH Unpar, Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H. sebagai pembicara utama. Ketua MA memberikan paparan berkaian dengan pemanfaatan teknologi digital dalam sistem peradilan di Indonesia, khususnya dalam institusi Mahkamah Agung. Inovasi digital tersebut, mulai dari aplikasi administrasi pesidangan hingga peradilan elektronik, telah dijalankan sejak lama dan akan terus ditingkatkan pemanfaatannya.

Puncak acara ditandai oleh Orasi Ilmiah yang disampaikan oleh Prof. Dr. Drs. H. Dudu Buswara Machmudin, S.H., M.Hum. selaku Hakim Agung RI. Sesuai dengan tema, Prof. Dudu menjelaskan implementasi peradilan elektronik di Indonesia, khususnya selama masa pandemi Covid-19. 

Paparan Prof. Dudu menegaskan bahwa peradilan elektronik telah membawa manfaat yang besar. Apalagi, aspek keselamatan sesuai protokol pemerintah dapat diterapkan dalam persidangan. Namun, tentu peradilan secara digital tentu memiliki kelemahan, sehingga perlu terus disempurnakan agar penyelenggaraannya dapat memenuhi kaidah hukum yang berlaku di Indonesia.

Di akhir acara, FH Unpar mengumumkan mahasiswa-mahasiswi berprestasi baik secara akademik maupun non-akademik, serta para pemenang penghargaan Piala Soediman. 

Dirgahayu Fakultas Hukum Unpar! (DAN – Divisi Publikasi)