Home / Berita Terkini / Fakultas Hukum Unpar Adakan Bimtek BPSK

Fakultas Hukum Unpar Adakan Bimtek BPSK

Fakultas Hukum (FH) Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) kembali bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga untuk menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Anggota Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK). Tujuan dilaksanakannya Bimtek ini adalah sebagai sebuah kegiatan pelatihan bagi anggota BPSK yang bertugas menyelesaikan sengketa konsumen di kabupaten atau kota di Indonesia.

Bimtek dilaksanakan selama tiga hari dimulai dari tanggal 25 Juni sampai dengan tanggal 27 Juni 2019 di Aula Pascasarjana Unpar. Acara pembukaan Bimtek pada tahun 2019 ini dihadiri oleh Direktur Pemberdayaan Konsumen Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Nina Mora, S.E., M.M., Rektor Unpar Mangadar Situmorang PhD., Dekan FH Unpar Dr. Tristam Pascal Moeliono, S.H., M.H, LL.M., dan Instruktur Bimtek, Prof. Dr. Johannes Gunawan, S.H., LL.M., serta Prof. Dr. Bernadette M. Waluyo, S.H., M.H., CN.

Substansi Bimtek terdiri dari dua bagian yang meliputi hukum material dan hukum formal perlindungan konsumen yang didasarkan pada Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Kepmenperindag 350/MPP/Kep/12/2001 tentang Pelaksanaan dan Tugas Wewenang Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen. Salah satu kegiatan yang dilakukan saat kegiatan Bimtek adalah simulasi penyelesaian sengketa, yang mana peserta diberikan kasus berupa pengaduan dari konsumen yang juga merupakan kasus nyata yang terjadi di salah satu BPSK di Indonesia.

Bimtek tahun 2019 ini merupakan Bimtek angkatan ke-3 yang juga merupakan kegiatan berkelanjutan yang sudah dilakukan sejak tahun 2016.  Kegiatan diakhiri dengan ujian dan peserta yang lulus akan memperoleh Sertifikat Kelulusan (Certificate of Achievement) dan bagi yang tidak lulus akan memperoleh Sertifikat Kehadiran (Certificate of Attendance).