Home / Berita Terkini / Fakultas Ekonomi Unpar Gelar Kuliah Umum Kebijakan Ekonomi
  • uliah Umum “Menuju Government 4.0 Tantangan Perencanaan dan Implementasi Program Prioritas Pembangunan” digelar oleh FE Unpar pada Rabu (104)

  • Kegiatan dihadiri oleh mahasiswa FE Unpar, khususnya yang sedang menempuh mata kuliah yang berkaitan erat dengan kebijakan ekonomi publik

  • Yanuar Nugroho, Ph.D (Kantor Kepala Staf Presiden RI) mengakui perubahan pesat yang dihasilkan oleh Revolusi Industri 4.0 termasuk dalam kebijakan ekonomi.

Fakultas Ekonomi Unpar Gelar Kuliah Umum Kebijakan Ekonomi

Pesatnya Revolusi Industri 4.0 mendorong berbagai aspek kehidupan masyarakat untuk menyesuaikan diri menghadapi perubahan tersebut. Termasuk diantaranya permasalahan kebijakan perekonomian untuk mempersiapkan masyarakat dalam menyongsong revolusi tersebut, juga meningkatkan daya saing bangsa.

Untuk memperluas wawasan generasi muda terhadap keterkaitan kebijakan ekonomi negara dan Revolusi Industri 4.0, Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan (FE Unpar) menggelar Kuliah Umum bertajuk “Menuju Government 4.0: Tantangan Perencanaan dan Implementasi Program Prioritas Pembangunan”, pada Rabu (10/04/2019). Subtopik yang dihadirkan meliputi e-Government, e-Planning, serta e-Budgeting.

Kuliah umum disampaikan oleh Yanuar Nugroho, Ph.D, Deputi II Kantor Kepala Staf Presiden Republik Indonesia. Kuliah yang digelar di Aula FE Unpar ini dihadiri oleh dosen dan mahasiswa, khususnya yang sedang menempuh mata kuliah yang berkaitan erat dengan kebijakan ekonomi publik.

Revolusi Industri 4.0 dan perubahan teknologi yang dibawanya diakui oleh Yanuar juga memberi perubahan signifikan dalam masyarakat. “Ini mengubah cara, mengubah corak,” jelasnya, “Salah satunya adalah kecepatan.” Hal ini menjadi tantangan bagi pembuat kebijakan untuk berinovasi, menghasilkan kebijakan yang tepat khususnya dalam bidang ekonomi dan pembangunan untuk menyongsong Masyarakat 4.0 dan seterusnya.