Home / Berita Terkini / Fakultas Ekonomi Bersama Medion Menggelar Kuliah Umum dan Sharing Alumni

Fakultas Ekonomi Bersama Medion Menggelar Kuliah Umum dan Sharing Alumni

Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan (FE Unpar) bersama dengan PT. Medion Farma Jaya menggelar kuliah umum dan sharing alumni pada Kamis, (6/2/2020). Acara mengundang alumni Unpar Valensius Alexander H.M. (LAT Product Management Assistance Manager, Medion) dan Meliana (M&D Account Receivable Assistant Manager, Medion) sebagai pembicara. Acara juga diisi dengan sesi tanya jawab alumni dan pembagian penghargaan bagi pembicara dan mahasiswa yang aktif berpartisipasi.

Medion merupakan perusahaan manufaktur farmasi khusus bergerak di bidang peternakan dan menghasilkan produk seperti obat, vaksin, dan alat-alat peternakan. Dikarenakan kompetensi dan kualitas dari lulusan Unpar yang bekerja di perindustrian, Medion melihat adanya prospek untuk mengadakan acara di Unpar. Tujuan diadakannya acara tersebut adalah untuk membagi materi agar dapat memperluas wawasan mahasiswa dan memperkenalkan dunia perindustrian. Medion menekankan bahwa mahasiswa perlu memiliki pemikiran yang lebih terbuka mengenai dunia kerja khususnya sektor industri. 

Pada sesi kuliah umum, Valensius Alexander membawakan materi mengenai “Market Outlook 2020”. Dalam pemaparannya, Valensius menjelaskan mengenai perkiraan dan prospek pasar bagi perekonomian Indonesia dengan menggunakan studi kasus. Valensius berpesan agar masyarakat khususnya mahasiswa dapat berperan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. “Penting bagi Indonesia untuk melakukan gerakan breakthrough dalam 10 tahun ke depan, yakni dengan berinvestasi, memperbesar ekspor, menghasilkan produk lokal dan beralih ke mengkonsumsi produk lokal,” jelasnya.

Pada sesi sharing alumni, Valensius dan Meliana membagikan kisah-kisah inspiratif semasa menjalankan kehidupan perkuliahan. Keduanya beranggapan bahwa kuliah sangat membantu untuk melatih proses berpikir dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi saat bekerja nanti. “Kuliah benar-benar menjadi terobosan bagi saya. Karena semasa kuliah saya merasakan perjuangan, harus mengincar di mana saya akan meniti masa depan, mendorong saya yang tadinya pendiam sampai bisa berbicara di depan orang banyak,” tutur Valensius.

Kuatnya latar belakang yang terbentuk semasa kuliah menjadi motivasi bagi Valensius yang merupakan lulusan Teknik Sipil dan membanting setir mendalami isu ekonomi, bisnis, dan manajemen perusahaan saat memasuki dunia kerja. Begitu juga dengan Meliana yang merupakan lulusan Akuntansi, memilih untuk meninggalkan pekerjaan sebelumnya demi bekerja di tempat dengan dinamika perusahaan yang lebih cocok. “Sejujurnya aku sedikit underestimate ketika memasuki perusahaan yang tidak sebidang dengan gelarku, tetapi setelah setelah mencoba bekerja di tempat yang berbeda saya bisa membandingkan, akhirnya saya merasa kalau bekerja di perusahaan yang lebih mature itu lebih nyaman,” ungkap Meliana.

Melalui acara ini, diharapkan materi yang disampaikan bermanfaat dan mahasiswa Unpar dapat menjadi lulusan yang aktif, berani dan inovatif sehingga memiliki kualitas yang baik dalam meniti kariernya. (MGI/DAN)