Home / Berita Terkini / Expo UKM dan Komunitas: Berani Mendobrak Batasan!

Expo UKM dan Komunitas: Berani Mendobrak Batasan!

Lapangan parkir Rektorat Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) hari ini terlihat berbeda. Tenda besar menaungi stan-stan yang diisi oleh berbagai kegiatan kemahasiswaan. Mahasiswa baru sangat antusias memuaskan rasa ingin tahu mereka akan berbagai organisasi minat dan bakat yang ada di Unpar, yang dikenal dengan sebutan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Komunitas.

Pada Selasa (20/8), Lembaga Kepresidenan Mahasiswa (LKM) Unpar kembali menyelenggarakan kegiatan tahunan Expo UKM dan Komunitas. Mengusung tema “Break the boundaries and be what you want”, acara ini menjadi tempat bagi mahasiswa untuk mengenal sekaligus bergabung dengan berbagai organisasi mahasiswa Unpar. Tema ini dituangkan dalam aksi mahasiswa memeragakan cerita Wizard of Oz, saat Dorothy dan teman-temannya melalui perjalanan dan rintangan untuk mencapai impian mereka.

Kemeriahan Expo UKM dan Komunitas selama dua hari tidak hanya diisi oleh pengenalan dan penampilan kegiatan kemahasiswaan semata. Acara dimeriahkan dengan Parade Expo yang menunjukkan keberagaman aktivitas mahasiswa di Unpar. Di lokasi Expo sendiri pengunjung bisa mengikuti berbagai permainan dan kuis serta berpartisipasi dalam undian untuk mendapatkan berbagai hadiah menarik.

“Hukumnya wajib!”

Dalam sambutannya, Rektor Unpar Mangadar Situmorang Ph.D mengajak mahasiswa baru untuk mengembangkan diri melalui berbagai kegiatan kemahasiswaan, minimal sebagai anggota dalam satu UKM atau Komunitas. “Hukumnya wajib!” tegasnya. Ia menambahkan agar seluruh anggota UKM maupun Komunitas bersedia secara aktif mengajak mahasiswa baru untuk terlibat aktif dalam organisasi mereka.

Selain memberi sambutan, Rektor juga menyempatkan diri menyambangi beberapa stan UKM dan Komunitas. Mangadar tampak antusias mengamati berbagai kegiatan yang diadakan oleh unit-unit mahasiswa, juga berkomunikasi dengan mahasiswa anggota UKM maupun Komunitas.

Keikutsertaan komunitas

Ada yang berbeda dalam Expo UKM kali ini, yaitu diikutsertakannya Komunitas Mahasiswa Unpar. “Tidak bisa kita pungkiri kalau komunitas-komunitas kita punya prestasi,” ujar Aliftya Fadiyah Rizky, ketua Expo UKM dan Komunitas saat ditemui oleh Tim Publikasi. Sebanyak sepuluh komunitas mahasiswa, mulai dari olahraga hingga yang berorientasi minat, dipilih untuk berpartisipasi dalam expo bersama dengan 26 UKM yang ada di Unpar.

Izky berharap acara ini mampu mendorong mahasiswa untuk mengejar mimpi lewat keikutsertaan dengan UKM maupun komunitas mahasiswa Unpar. Ia menambahkan bahwa keikutsertaan mereka dalam organisasi tidak hanya bermanfaat bagi diri mereka sendiri, tapi juga bagi organisasi tersebut. “UKM dan Komunitas bisa berkembang karena ada orang-orang di dalamnya,” jelasnya.