Home / Berita Terkini / Ekspedisi Pendakian Pegunungan Sudirman – Mahitala UNPAR

Ekspedisi Pendakian Pegunungan Sudirman – Mahitala UNPAR

Mahasiswa Pencinta Alam (Mahitala) Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Bandung akan melakukan ekspedisi pendakian Pegunungan Sudirman, Papua Tengah, mulai Rabu, 14 Januari 2009. Rencananya, dari 15 anggota tim, 10 anggota akan langsung terjun ke lapangan selama satu bulan, sementara lima lainnya mengupayakan komunikasi dari Bandung ke lokasi-lokasi yang dikunjungi. Tim akan berangkat menggunakan pesawat Hercules. Tim ekspedisi akan mengeksplorasi puncak Eidenberg yang terletak di Desa Ugimba Kec. Sugapa di perbatasan Kab. Mimika dan Kab. Paniai, selain pendakian mereka pun akan melakukan observasi dan eksplorasi terutama dalam flora, fauna, iklim mikro, serta suku bangsa.

Rencana mereka tersebut didukung penuh oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Beliau mengatakan bahwa kegiatan kepemudaan akan mendapat dorongan penuh pada 2009 terutama setelah dibentuknya dinas pemuda dan olah raga. Pada tanggal 5 Januari 2009, dilakukan pelepasan Tim Mahitala UNPAR oleh Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menegpora) Adhyaksa Dault, di Wisma Menegpora, Jakarta.

Di bulan sebelumnya, yaitu pada tanggal 14 Desember 2008 Tim ekspedisi Gunung Aconcagua Eiger-Mahitala Unpar, Sieling dan Budi Hartono Purnomo berhasil menjejakan kaki mereka di puncak gunung tertinggi di Amerika Selatan. Menurut Budi, pendakian tersebut merupakan pendakian yang cukup berat dikarenakan badai salju, cuaca yang cukup ekstrim karena ketinggian yang berpengaruh pada pernafasan dan kesadaran mereka. Pendaki Indonesia terakhir yang ke Aconcagua adalah Norman Edwin dan Didik Samsu, tahun 1992. Namun, keduanya meninggal dunia setelah sampai di puncak.