Home / Alumni / Ekonomi Pembangunan Unpar: Mengamalkan Ilmu Membangun Perekonomian Bangsa
ekonomi pembangunan

Ekonomi Pembangunan Unpar: Mengamalkan Ilmu Membangun Perekonomian Bangsa

Membangun perekonomian, membangun bangsa. Mungkin inilah ungkapan yang tepat dengan kondisi dunia masa kini. Negara yang perekonomiannya mampu berkembang dan bertahan di tengah gempuran zaman memberi kekuatan bagi pembangunan bangsa, yang erat hubungannya dengan kesejahteraan masyarakat. Di lain pihak, perekonomian mampu memberi dampak positif bila pemerintah dan pelaku ekonomi dapat bersinergi.ekonomi pembangunan

Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan (FE Unpar) sebagai salah satu pelopor pendidikan tinggi ekonomi di Jawa Barat sejak awal berusaha untuk meningkatkan pembangunan bangsa melalui pendidikan ekonomi. Melalui kajian terpadu yang selalu aktual terhadap fenomena perekonomian, lulusan Unpar senantiasa berupaya untuk memberikan kontribusi nyata baik bagi masyarakat.

FE Unpar saat ini memiliki empat program studi sarjana dan diploma. Salah satunya adalah Program Studi Ekonomi Pembangunan (Prodi EP). EP menjadi gerbang bagi kaum muda yang ingin mempelajari lebih lanjut mengenai ilmu ekonomi. Berbeda dengan program studi lain di FE Unpar, mahasiswa Prodi EP mendalami berbagai teori ekonomi baik makro maupun mikro. Mereka mendapat kesempatan untuk melihat perekonomian secara luas sekaligus mendetil. Penguasaan teori ini menjadi modal akademik bagi lulusan dalam kehidupan, baik selaku praktisi maupun melanjutkan karier akademis. Selain teori ekonomi, mahasiswa EP Unpar juga mendapat pengenalan ilmu terkait perekonomian, seperti manajemen dan akuntansi.

Tiga bidang kajian

Sesuai dengan perkembangan perekonomian kontemporer khususnya di Indonesia, Prodi Ekonomi Pembangunan Unpar memberikan materi pembelajaran yang dibagi dalam tiga bidang kajian. Ketiganya ialah ekonomi industri dan perdagangan (EIP), ekonomi kawasan dan lingkungan (EKL) serta ekonomi moneter dan keuangan (EMK). Tiga bidang ini memiliki fokus masing-masing, yang dituangkan dalam mata kuliah yang secara spesifik membahas fenomena dan konsep terkait.

Bidang kajian EIP terkait dengan sektor perekonomian yang riil. Sektor ini mencakup industri manufaktur dan jasa, perdagangan domestik maupun internasional, serta ketenagakerjaan. Mencerminkan hal tersebut, mata perkuliahan terkait EIP membahas struktur dan mekanisme pasar dan bagaimana kebijakan pemerintah terlibat dalam kondisi yang dihasilkan oleh mekanisme tersebut.

Berbeda dengan EIP, EKL menitikberatkan pada bagaimana cara memperbaiki inefisiensi ekonomi akibat kegagalan pasar. Isu-isu yang diangkat oleh bidang kajian ini antara lain problematika eksternalitas, mobilitas barang dan jasa yang tidak sempurna, serta permasalahan terkait penyediaan barang publik. Bidang ini juga membahas kesenjangan dalam perekonomian, dilihat dari perbedaan daerah, kelompok, generasi maupun pendapatan.

Bidang kajian EMK memiliki keunikan tersendiri dibanding dua bidang yang lain. Sesuai namanya, EMK berkutat pada permasalahan terkait bidang moneter, fiskal, perbankan, dan keuangan. Bidang kajian ini membahas bagaimana terjadinya kesenjangan antara sektor riil dan sektor keuangan. Selain itu, stabilitas keuangan dan kebijakan moneter dan fiskal menjadi cakupan bidang tersebut.

Berkarya dalam ilmu dan masyarakat

Pengamalan ilmu kepada masyarakat menjadi salah satu fokus seluruh masyarakat Unpar, tidak terkecuali di lingkungan prodi EP. Prodi ini memiliki pusat kajiannya sendiri, yaitu Pusat Studi Ilmu Ekonomi atau Center for Economic Studies (PSIE/CES). CES merupakan wadah penting dalam mengorganisir penelitian dan pengabdian masyarakat di lingkungan Prodi EP. Secara berkala, CES juga mengumpulkan karya penelitian dan pengabdian dalam jurnal Bina Ekonomi atau Binek.

Mahasiswa tidak ingin ketinggalan untuk mengabdikan diri bagi masyarakat. Salah satu program kerja yang dimiliki oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan (HMPSEP) adalah SD Binaan. Program ini mengajak mahasiswa EP untuk turut serta meningkatkan pendidikan di wilayah terpencil di sekitar Kota Bandung. Tidak hanya mengajak para siswa bermain dan belajar, mereka juga memberikan bantuan seperti cek kesehatan kepada masyarakat sekitar.

Melalui ilmu yang diberikan, Prodi Ekonomi Pembangunan Unpar mendorong lulusannya untuk berkontribusi nyata di berbagai sektor perekonomian, baik mikro maupun makro. Dengan kemampuan yang dimiliki, diharapkan para alumnus mampu memberikan perubahan, seperti dalam pembuatan kebijakan di tingkat pemerintahan, organisasi, juga sektor swasta. Angin perubahan yang dihembus oleh EP Unpar dalam perekonomian Indonesia akan menjadi pendorong bagi kemajuan bangsa dan kesejahteraan masyarakat.