Home / Berita Terkini / Dua Medali Emas untuk Taekwondo Unpar

Dua Medali Emas untuk Taekwondo Unpar

Satu lagi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) kembali menorehkan prestasi. Dua orang anggota UKM Taekwondo Unpar berhasil meraih medali emas di ajang kompetisi “Bandung Taekwondo International Invitation 2017” yang diselenggarakan oleh Pengurus Cabang Taekwondo Indonesia (Pengcab TI) Bandung, pada 23-24 September lalu.

Mereka adalah Rizkina mariam (Akuntansi 2016) dan Raymond Rotua (D3 Manajemen 2015) yang berhasil menyumbang dua medali emas bagi Unpar, masing-masing dalam kategori ‘Kyorugi Putri Under 73’ dan ‘Kyorugi Putra Under 87’. Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kontingen Unpar, mengingat lawan yang dihadapi merupakan atlet profesional, termasuk yang berasal dari Timor Leste dan Kamboja.

Muhammad Abigail Faza, ketua UKM Taekwondo, mengaku sangat senang dan bersyukur atas prestasi yang diraih oleh kontingen Unpar, terlebih dalam kompetisi yang berskala internasional ini. Hal ini tidak lepas dari kerja keras pelatih utama, Heribertus Wiku, yang juga merupakan alumnus Fakultas Hukum Unpar, bersama asisten pelatih dan anggota UKM Taekwondo.

Abigail menjelaskan bahwa meski selalu mengadakan latihan rutin, tetap diadakan persiapan khusus menjelang kompetisi. “Kita adakan latihan intensif, minimal dua sampai tiga kali seminggu,” katanya. Latihan ini, lanjutnya, lebih difokuskan pada latihan fisik untuk menambah ketahanan dan stamina tubuh. “Waktu latihan kita disesuaikan dengan jadwal mahasiswa.”

UKM Taekwondo di Unpar saat ini berfokus dalam  ‘Kyorugi’ atau perkelahian bebas, yang membutuhkan kekuatan dan daya tahan. Ada pula ‘Poomsae’, yang mengutamakan keindahan gerakan namun membutuhkan kelenturan. Selain mahasiswa Unpar, UKM Taekwondo seringkali dikunjungi oleh mahasiswa dari berbagai universitas di Kota Bandung yang ingin berlatih seni beladiri tersebut.

“Ke depan, kami ingin meregenerasi angkatan, supaya atletnya tidak monoton, tidak itu-itu saja,” tuturnya. Dia juga menjelaskan bahwa saat ini UKM Taekwondo sedang mempersiapkan diri untuk memperebutkan Piala Raja Sultan Hamengkubuwono di Yogyakarta, dua bulan mendatang. Ia berharap, UKM Taekwondo mampu menyumbang lebih banyak prestasi bagi Unpar dan juga menarik minat mahasiswa, khususnya mahasiswa baru untuk bergabung dan terlibat dalam UKM tersebut.

Bagi mahasiswa yang ingin bergabung dalam UKM Taekwondo, akan diadakan seleksi terbuka pada hari Kamis, 28 September 2017, atau bisa langsung mendaftarkan diri di sekretariat UKM Taekwondo Unpar.