Home / Berita Terkini / Diskusi Publik KSMPMI Tumbuhkan Kesadaran Kelestarian Lingkungan

Diskusi Publik KSMPMI Tumbuhkan Kesadaran Kelestarian Lingkungan

Fenomena perubahan iklim global dan eksploitasi lingkungan adalah isu yang perlu mendapat perhatian khusus dari generasi muda khususnya mahasiswa. Apalagi anak muda merupakan generasi penerus yang menjadi kelompok terdampak akan kerusakan lingkungan. Selagi masih bisa generasi muda perlu meningkatkan kesadarannya akan lingkungan untuk menyelamatkan bumi demi masa depan mereka dan generasi-generasi setelahnya.

Inilah yang menjadi latar belakang diadakannya Diskusi Publik oleh Kelompok Studi Mahasiswa Pengkaji Masalah Internasional (KSMPMI) Universitas Katolik Parahyangan (Unpar). Diskusi yang diinisiasi oleh wadah studi mahasiswa HI Unpar ini mengangkat tema “Climate Change and #ChildMovement 2019.” Gerakan #ChildMovement sendiri merupakan gerakan advokasi anak muda yang terinspirasi oleh aktivis lingkungan muda asal India, Licypriya Kangujam.

Diskusi yang diselenggarakan di salah satu ruang kelas FISIP Unpar pada Jumat (25/10) ini mengundang Parwiz Mosamim, jurnalis sekaligus Ambassador IYC (International Youth Committee) untuk Indonesia dan Afghanistan. Kegiatan ini juga mengundang Komunitas Greenate Unpar, suatu komunitas mahasiswa dengan misi mewujudkan masyarakat dan lingkungan kampus hijau serta ramah lingkungan.

Tidak hanya berdiskusi, peserta diajak untuk menyuarakan dukungan mereka menyelamatkan lingkungan. Berbekal kertas berisikan ide dan dukungan mereka bagi bumi, peserta berkampanye di sekitar Kampus Unpar guna meningkatkan kesadaran komunitas Unpar akan pentingnya pelestarian lingkungan sesegera mungkin.

Kelestarian lingkungan menjadi jaminan keberlangsungan hidup manusia di masa mendatang. Oleh karenanya penting bagi generasi muda, khususnya mahasiswa Unpar, untuk meningkatkan wawasan hijau dan mengaplikasikan gaya hidup ramah lingkungan di tengah masyarakat. (/DAN)