Home / Berita Terkini / Dies Natalis ke-59 Fakultas Teknik Soroti Pentingnya Internasionalisasi Perguruan Tinggi
  • Dekan FT Unpar Doddi Yudianto, Ph.D. melaporkan kondisi dan perkembangan FT Unpar yang tahun ini berusia 59 tahun

  • Wakil Rektor Bidang Akademik Tri Basuki Joewono Ph.D. membacakan sambutan Rektor Unpar

  • Orator Dies, R. Purwanto Subroto, Ph.D. dari Kemenristekdikti mengajak universitas untuk meningkatkan jaringan kerjasama

Dies Natalis ke-59 Fakultas Teknik Soroti Pentingnya Internasionalisasi Perguruan Tinggi

Pada Jumat (8/11), Fakultas Teknik Universitas Katolik Parahyangan (FT Unpar) menyelenggarakan kegiatan Orasio Dies dalam memperingati hari jadinya yang ke-59. Kegiatan ini mengangkat tema “Peluang dan Tantangan Internasionalisasi Pendidikan Tinggi.” Kegiatan yang diselenggarakan di Studio Gedung Pusat Pembelajaran Arnzt-Geise (PPAG) ini dihadiri oleh para pimpinan universitas, lembaga serta fakultas lain di lingkungan Unpar, serta para tamu undangan lainnya.

Kegiatan diawali dengan laporan Dekan FT Doddi Yudianto, Ph.D. mengenai perkembangan FT Unpar khususnya setahun ke belakang. “Tentunya ini umur yang tidak pendek, perjalanan yang cukup panjang bagi sebuah fakultas,” ungkapnya menanggapi momen perayaan 59 tahun FT Unpar ini. Apalagi, lanjutnya, fakultas tersebut telah dikenal baik dalam masyarakat luas. Ia juga menyampaikan apresiasi bagi para mitra FT Unpar dalam mendukung terselenggaranya pendidikan tinggi teknik.

Dalam sambutan Rektor Unpar Mangadar Situmorang, Ph.D. yang dibacakan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Tri Basuki Joewono Ph.D., Rektor menegaskan kembali visi Unpar dalam membawa potensi dan kearifan lokal ke tataran internasional. FT Unpar, beserta fakultas lain, perlu meningkatkan keterlibatan lembaga, akademisi, dan alumni dalam dunia global. Secara singkat, misi bersama kini adalah, “Bagaimana Unpar dalam masa ini menjadi relevan dengan perubahan-perubahan di sekitar kita,” jelas Tri Basuki.

Pada kesempatan ini, FT Unpar mengundang R. Purwanto Subroto, Ph.D. selaku Kasubdit Kerjasama Perguruan Tinggi dalam Ditjen Kelembagaan Iptek Dikti Kemenristekdikti sebagai orator. Melalui orasinya yang berjudul “Kerjasama Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Tinggi,” ia mengajak perguruan tinggi di Indonesia untuk memperluas jejaring melalui kerjasama, khususnya di tingkat internasional. Hal ini tidak semata-mata untuk memberi nilai lebih bagi universitas, namun lebih dari itu menjadi nilai positif bagi pembelajaran mahasiswa.

Selain orasi ilmiah, peringatan Dies Natalis FT Unpar diisi pula dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara FT Unpar dengan dua puluh enam lembaga dan perusahaan mitra, baik yang sifatnya memulai maupun melanjutkan kerjasama. FT Unpar juga memberi apresiasi bagi mahasiswa berprestasi, serta penghargaan bagi mitra kerja dalam dan luar negeri. (DAN)