Home / Berita Terkini / Dies Natalis Fakultas Teknik Unpar ke-58

Dies Natalis Fakultas Teknik Unpar ke-58

Melewati usia emas ke-50 tahun tentu menjadi sebuah pencapaian bagi sivitas akademika Fakultas Teknik Universitas Katolik Parahyangan (FT Unpar) yang baru saja merayakan Dies Natalis ke-58, pada Jumat (2/11). Mengangkat tema “Membangun Kompetensi Unggul melalui Kolegialitas yang Kuat”, perayaan Dies Natalis diselenggarakan di Hotel Bumi Sangkuriang, Ciumbuleuit.

Dihadiri oleh sivitas akademika FT Unpar, alumni, dan jajaran rektorat, acara dibuka dengan sambutan ketua penyelenggara Budianastas Prastyatama, ST.MT, juga Dekan Fakultas Teknik Unpar Dr. Yohanes Basuki Dwisusanto. “Fakultas Teknik memerlukan kolegialitas yang kuat dan solid untuk memajukan kualitas pendidikan kita. Sampai sekarang kita sudah dikenal sebagai penyelenggara pendidikan yang terpandang di Bandung, (hal tersebut) harus terus diupayakan untuk lebih baik dan lebih baik lagi,” ujar Yohanes Budi dalam kata sambutannya. Beliau juga menekankan pentingnya bekerja sama dan kolaborasi dalam melakukan penelitian, pengabdian masyarakat maupun pengajaran untuk mengantisipasi revolusi industri 4.0 yang tengah berlangsung.

Oratio Dies kali ini disampaikan oleh Dr. Paulus Karta Wijaya dosen Teknik Sipil Unpar. Beliau membahas makalah berjudul “Analisis Interaksi Tanah – Struktur Akibat Beban Dinamik”. Dalam presentasinya, ia mengupas hubungan pondasi bangunan dengan tanah menggunakan metode analisis langsung serta metoda sub-struktur, sebuah kajian unik yang jarang dibahas oleh para insinyur yang kerap memperhatikan efisiensi dan bukan detail.

Acara Dies Natalies dilanjutkan dengan ramah tamah dan pembagian penghargaan bagi dosen, tenaga kependidikan serta mahasiswa berprestasi.