Home / Berita Terkini / Dialog Antar Ilmu Mengisi Perayaan Dies Natalis XXVII FTIS Unpar

Dialog Antar Ilmu Mengisi Perayaan Dies Natalis XXVII FTIS Unpar

Pada Kamis (3/9/2020), Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Universitas Katolik Parahyangan (FTIS Unpar) menyelenggarakan kegiatan Dies Natalis dalam rangka memperingati hari jadinya yang ke-27. Adapun kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini dihadiri oleh perwakilan Yayasan Unpar pimpinan universitas, unit kerja dan fakultas lain di lingkungan Unpar, serta para tamu undangan. 

Lazimnya, puncak perayaan Dies Natalis ditandai dengan Orasio Dies. Namun, FTIS Unpar menghadirkan acara yang berbeda dalam menyambut Dies Natalisnya tahun ini. Puncak Dies Natalis XXVII FTIS Unpar diisi dengan Dialog Antar Ilmu yang menghadirkan diskusi menarik antara sivitas FTIS dengan pakar keilmuan lain.

Perayaan Dies Natalis diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne UNPAR. Acara dilanjutkan dengan sambutan pengantar dari Haryanto M. Siahaan, Ph.D. selaku Ketua Dies Natalis FTIS Unpar. Haryanto menyampaikan rasa syukur atas terlaksananya kegiatan ini sekaligus harapan bagi FTIS UNPAR agar semakin maju dan berkembang. 

Perjalanan FTIS

Dr.rer.nat. Cecilia Esti Nugraheni, S.T, M.T. selaku Dekan FTIS Unpar menyampaikan sambutan bersamaan dengan Laporan Tahunan Dekan sebagai kilas balik satu tahun perjalanan FTIS Unpar.  Tak lupa beliau mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut berpartisipasi dalam perjalanan berkembanganya fakutas ini. 

Rektor Unpar Mangadar Situmorang, Ph.D. memberikan apresiasi yang sebesar besarnya kepada seluruh civitas akademika FTIS UNPAR baik pimpinan jurusan, para dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan alumni yang telah bekerja keras menunjukkan komitmen dan dedikasi yang membawa FTIS Unpar ke tingkatnya pada saat ini. Rektor berharap FTIS UNPAR dapat terus berkembang secara independen dan berkarya melalui indikator klasterisasi, kriteria dari BAN-PT, maupun indikator lainnya, serta dapat meningkatkan capaian prestasi mahasiswa dan alumni baik dalam skala nasional maupun internasional.

Sekretaris Umum Yayasan Unpar Pastor Basilius Hendra Kimawan, OSC., L.Th. mewakili Pengurus Yayasan Unpar hadir secara langsung mengutarakan rasa syukur atas berkembangnya berbagai jurusan di FTIS Unpar. FTIS Unpar telah banyak berkontribusi dalam bidang keilmuan. Perkembangan keadaan menantang kita semua agar terus beradaptasi untuk semakin maju dan berubah ke arah yang lebih baik lagi.

Dialog Antar Ilmu

Puncak perayaan Dies Natalis XXVII berupa Diskusi dan Dialog Antar Ilmu bertema “Implementasi Pembelajaran Berbasis Integrasi STEAM-CT” yang dimoderatori oleh Dr. Julius Dharmo Lesmono (Dosen FTIS dan Kepala Lembaga Penjamin Mutu UNPAR). Dialog mengundang tiga pembicara yang handal dalam bidangnya masing-masing yakni Prof. Dr. Ignatius Bambang Sugiharto (Dosen Filsafat UNPAR), Dr. Ir. MM. Inggriani Liem (Dosen purna bakti STEI ITB), dan Philips N. Gunawidjaja, Ph.D. (Dosen FTIS dan Kepala Lembaga Pengembangan Pemelajaran dan Karir UNPAR). Paparan mengenai tema yang diangkat begitu menarik hingga memicu diskusi dengan audiens selama hampir 1 jam.

Selanjutnya dilakukan pembacaan mahasiswa berprestasi dari Program Studi Informatika, Matematika dan Fisika sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi dalam studi. Kegiatan ditutup dengan Doa oleh Pascal Alfadian Nugroho, S.Kom, M.Comp. (JNS/DAN – Divisi Publikasi)