Home / Berita Terkini / “CU in The Future”: Kelola Finansial Demi Masa Depan
  • Ayu Pritandya Pertiwi (BKA Unpar) memberikan tips dan pengalamannya berkeliling dunia lewat pengelolaan keuangan yang baik dalam Talkshow "CU in The Future" pada Kamis (29/8)

  • Talkshow ini juga mengundang Veronika Fenny Wijaya Kusumah (Wirausahawati) dari Melania Credit Union (MCU)

  • Mahasiswa peserta talkshow berpose bersama Narasumber dan Tim MCU

“CU in The Future”: Kelola Finansial Demi Masa Depan

Ada banyak alasan baik mengapa generasi muda harus mulai belajar mengelola finansialnya sedari dini. Mulai dari mengumpulkan modal usaha sehabis studi, mencapai keinginan tertentu, mempersiapkan investasi dan masih banyak lagi. Tapi, bagaimana cara yang tepat untuk menyimpan dana yang mulai terkumpul ini? Salah satunya adalah dengan menabung melalui Credit Union atau CU, dengan berbagai keuntungan menarik bila dibandingkan dengan tabungan di bank konvensional.

Bagi mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), kesempatan mengelola keuangan dengan bergabung di CU tersedia lewat kerjasama antara Unpar dengan Melania Credit Union (MCU). Kerjasama yang telah berlangsung selama dua tahun ini memberikan kemudahan bagi komunitas Unpar terutama mahasiswa untuk mengelola finansial dengan menabung di MCU, sebuah lembaga keuangan dengan pengalaman lebih dari 28 tahun.

Edukasi finansial

MCU juga memberikan edukasi bagi generasi muda tentang pentingnya pengelolaan finansial dan manfaat yang dapat diraih. Salah satunya melalui talkshow bertajuk “CU (Credit Union) in The Future” yang digelar pada Kamis (29/8) lalu. Bersama Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA) Unpar, MCU mengundang Ayu Pritandia Pertiwi (Kepala Bagian Kesejahteraan Mahasiswa BKA Unpar) dan Veronika Fenny Wijaya Kusumah (Bendahara MCU dan Wirausahawati) untuk berbagi pengalaman mereka mengelola keuangan dan mencapai mimpi mereka.

Ada banyak hal yang bisa diraih dengan pengelolaan finansial yang baik. Ayu, misalnya, bercerita bagaimana ia dapat mewujudkan mimpinya untuk mengunjungi berbagai negara sebagai seorang backpacker lewat kedisiplinannya dalam mengelola keuangan, termasuk dengan menyisihkan dana untuk ditabung. Ia mengajak mahasiswa untuk mengelola dana yang mereka miliki sedari dini untuk mencapai keinginan mereka di masa depan.

Tingkatkan kesejahteraan

Ditemui oleh Tim Publikasi di sela-sela acara, Manajer MCU William Setiadi menyampaikan nilai unik yang dimiliki oleh credit union bagi generasi muda seperti mahasiswa. Berbeda dengan lembaga keuangan konvensional, credit union bergerak sebagai komunitas yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan para anggotanya melalui pengelolaan dana bersama. “Kita mengarahkan mereka (para anggota muda) akan kepemilikan dan pengelolaan bersama,” tutur William. 

Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan teknologi saat ini, masyarakat milenial dan generasi Z tentu memiliki cara sendiri dalam mengelola keuangannya. Namun, William mengingatkan, “Di balik kemudahan itu, ada tantangannya.” Credit Union menjadi salah satu pilihan yang unik bagi anak muda untuk membantu mereka mengelola keuangan mereka, karena mereka tidak hanya menjadi pengguna jasa keuangan semata. “Ketika kita bergabung dalam CU,” ungkapnya, “sebenarnya teman-teman menjadi pemilik lembaga ini.” Keanggotaan dalam CU, lanjut William, akan meningkatkan rasa solidaritas dan kebersamaan di antara anggota komunitas. (DAN)