Home / Alumni / Companies Go to Unpar 2018
companies

Companies Go to Unpar 2018

Berkarier di perusahaan terkemuka dan berkualitas masih menjadi dambaan bagi banyak orang. Hal ini berlaku pula bagi para lulusan perguruan tinggi, baik yang baru saja lulus (fresh-graduate) maupun yang telah memiliki pengalaman kerja. Tentu saja masuk ke dalam perusahaan-perusahaan seperti ini memiliki tantangan tersendiri bagi para pencari kerja.companies

Pusat Pengembangan Karir Universitas Katolik Parahyangan (PPK Unpar) kembali menjembatani perusahaan dan pencari kerja dalam Kegiatan Companies Go to Unpar (CGU) 2018. Kegiatan ini diselenggarakan oleh PPK Unpar selama dua minggu, dimulai pada 26 Februari hingga 9 Maret 2018, yang dipusatkan di Operation Room, Gedung Rektorat Unpar.

“Di sini kita mau memfasilitasi agar lulusan kita tidak terlalu susah dalam mencari kerja,” tutur Bayu Wiratmoko, staf PPK Unpar sekaligus Panitia CGU 2018, saat ditemui tim Publikasi Unpar pada Selasa (13/3). Kegiatan ini mendapat respon yang baik dari masyarakat Unpar. Tercatat sekitar 400 pengunjung meramaikan kegiatan ini. Mayoritas merupakan alumni Unpar, namun kegiatan ini terbuka pula bagi masyarakat umum.

Menariknya, mata acara yang diadakan dalam CGU sangat beragam, disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. ”Ada branding perusahaan, seminar, campus recruitment,” jelas Bayu. Beberapa perusahaan memilih branding sebagai sarana untuk memperkenalkan profil dan kebutuhan tenaga kerja kepada pencari kerja. Di sisi lain, beberapa perusahaan memutuskan untuk langsung mengadakan rekrutmen baik secara langsung di kampus maupun secara bertahap.

Sepuluh perusahaan mitra PPK Unpar menjadi peserta dalam penyelenggaraan Companies Go to Unpar 2018. Perusahaan ini menggeluti bidang industri dan perekonomian yang berbeda-beda. Mulai dari perusahaan multi-product, teknologi informasi, event organiser, manufaktur, dan lain-lain. Secara umum, Bayu menjelaskan jika rata-rata perusahaan membutuhkan tenaga kerja di bidang keuangan dan sistem informasi. “Paling banyak mereka menanyakan lulusan ekonomi sama teknik informatika,” jelasnya.

Melalui kegiatan serupa CGU, diharapkan lebih banyak mahasiswa yang mendapat kemudahan untuk bergabung dengan beragam perusahaan di dunia kerja. “Kita ingin membantu mahasiswa kita lebih cepat masuk dunia industri, lebih baik,” ungkap Bayu. Ia juga berharap lebih banyak mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti berbagai kegiatan yang difasilitasi oleh PPK Unpar di masa mendatang.