Home / Berita Utama / “Career Expo” dan Kesiapan Memasuki Dunia Kerja

“Career Expo” dan Kesiapan Memasuki Dunia Kerja

Kualitas suatu perguruan tinggi tidak hanya dinilai dari kualitas kurikulum, dosen dan mahasiswa, tetapi juga kualitas lulusannya. Universitas yang baik mampu menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi, serta memiliki keunggulan dari berbagai sisi, seperti produktivitas dan sikap kerja (attitude) yang baik.

Berbagai faktor yang menentukan lulusan mampu bersaing di dunia kerja sangat dipengaruhi pengalaman selama menjalani bangku perkuliahan, baik dalam kelas maupun dalam kegiatan yang diikuti seperti organisasi kemahasiswaan. Selain itu, pengetahuan yang baik mengenai dunia kerja juga diperlukan.

Banyak mahasiswa yang memiliki pengetahuan dan keahlian yang baik, tetapi tidak siap menghadapi tantangan di dunia kerja yang kompleks. Oleh karena itu, bimbingan serta pendampingan bagi mahasiswa menjadi sangat penting sehingga setelah lulus mereka tidak hanya memiliki kemampuan secara akademik, tetapi mampu bekerja dengan baik dan mengembangkan karier.

Pusat Pengembangan Karir (PPK) Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) membantu mahasiswa Unpar untuk mempersiapkan diri memasuki dunia kerja dan meniti karier pada masa depan.  Sejak dibentuk pada 2013, PPK Unpar memiliki tujuan untuk membekali mahasiswa dengan berbagai pengetahuan aplikatif agar mereka siap menerima tantangan baru dalam dunia kerja melalui berbagai kegiatan pembekalan dan pendampingan.

PPK Unpar juga melaksanakan kegiatan penyaluran untuk memfasilitasi lulusan Unpar agar mudah bertemu dengan pengguna lulusan dan dapat memperoleh pekerjaan yang baik serta membantu mereka yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

UCES

Peningkatan jumlah lulusan Unpar setiap tahun berarti menambah sumber daya manusia yang siap memasuki dunia kerja. Di sisi lain, berbagai pengguna lulusan seperti dunia usaha dan dunia industri juga terus mencari tenaga kerja baru berkualitas untuk meningkatkan profit dan produktivitasnya.

Untuk menjawab hal tersebut,  PPK secara rutin mengadakan kegiatan Unpar Career Expo & Seminar (UCES), yang memberikan kesempatan bagi lulusan dan pengguna lulusan untuk bertemu secara langsung serta membuka kesempatan karier yang lebih baik, terutama bagi lulusan Unpar.

Memasuki penyelenggaraannya yang keenam, UCES 2017 mengangkat tema “Launch Your Career at UCES”. Dengan tema tersebut, diharapkan para peserta UCES, baik seminar maupun career expo akan mampu meraih kesuksesan dan karier yang gemilang melalui persiapan yang baik sejak awal.

Rangkaian kegiatan UCES 2017 mencakup Seminar Karier (4–6 September 2017),  career expo (7–8 September 2017), dan recruitment (9 September 2017).  Acara ini terbuka bagi mahasiswa, alumni Unpar, juga untuk umum. Seluruh peserta, baik seminar maupun career expo, tidak dikenakan biaya apapun.

Pada kegiatan career expo kali ini, dibuka kesempatan bagi pencari kerja untuk bertemu langsung dengan lebih dari 32  perusahaan nasional dan multinasional yang berpartisipasi. Mereka bergerak di berbagai bidang usaha serta membutuhkan lulusan dengan berbagai keahlian dari beragam latar belakang keilmuan.

Pembekalan karier

Kegiatan UCES tidak hanya dikhususkan bagi alumni yang sedang mencari peluang karier, tapi juga menjadi tempat mahasiswa untuk menggali pengetahuan mengenai dunia kerja yang akan mereka hadapi setelah lulus dari perguruan tinggi.

Melalui lima sesi seminar karier dengan narasumber yang kompeten, mahasiswa maupun pencari kerja dapat memperoleh berbagai ilmu mengenai dunia kerja dan pengembangan karir.

Secara rutin, PPK Unpar menyelenggarakan berbagai kegiatan lainnya terkait pembekalan karir mahasiswa seperti career planning program, job preparation class, serta Career Workshop Plus, yaitu peserta mendapatkan pembekalan agar siap memasuki dunia kerja melalui proses pembelajaran disertai kegiatan praktik.

Selain itu, ada kegiatan pendampingan mahasiswa seperti psikotes dan konseling karier, serta kegiatan penyaluran lain yaitu campus recruitment bekerja sama dengan berbagai perusahaan mitra berskala nasional dan internasional.  Untuk meningkatkan kualitas lulusan, PPK Unpar juga menyelenggarakan berbagai kursus bahasa asing serta pelatihan brevet pajak.

 

Sumber: KOMPAS – Griya Ilmu (Selasa, 29 Agustus 2017)