Home / Berita Terkini / Buku Pegangan Mahasiswa Baru
Buku Pegangan Mahasiswa Baru

Buku Pegangan Mahasiswa Baru

Unpar Press, penerbit di lingkungan Universitas Katolik Parahyangan, menerbitkan 3 buah buku saku yang dibagikan kepada mahasiswa baru Unpar angkatan 2016. 2 buah buku merupakan cetakan kedua dan 1 buah buku baru yang diterbitkan. Ketiga buku tersebut berjudul “Unpar, Alma Mater Kita”, “Menjadi Mahasiswa Sukses”, dan “Kecakapan Dasar untuk Sukses”.

Buku Unpar Alma Mater Kita mencoba memberikan gambaran tentang Universitas Katolik Parahyangan. Buku yang ditulis oleh P. Krismastono Soediro ini terdiri dari 10 bab, yang diantaranya menceritakan tentang kunjungan Ir. Soekarno dan Moh. Hatta ke Unpar, struktur organisasi Unpar, gedung perkuliahan dan fasilitas pendukung, kegiatan kemahasiswaan dan prestasi yang ditorehkan, dan alumni Unpar yang telah banyak berkarya bagi masyarakat.

Buku Menjadi Mahasiswa Sukses, karya P. Krismastono dan Dewiyani Djayaprabha ini ditujukan terutama kepada mahasiswa baru yang mulai menjalani pengalaman – berproses, bertumbuh, berkembang – melewati masa transisi dari dunia remaja menuju dunia manusia dewasa muda. Lebih dimaksudkan untuk memberikan wawasan, mahasiswa baru diharapkan mengolah lebih lanjut makna kesuksesan menurutnya sendiri, dan bagaimana berproses menjadi sukses. Buku ini berisikan, diantaranya, pemaknaan tentang (ke)sukses(an), empat pilar pembelajaran, pembahasan mengenai otak kiri – otak kanan dan hard skills – soft skills, nilai-nilai mandiri, sinergi, asah, pemahaman tentang karakter, kompetensi, dan komitmen, serta nilai humanum, integral, dan transformatif.

Buku Kecakapan Dasar untuk Sukses, yang ditulis oleh P. Krismastono Soediro, berisikan gambaran tentang communication, collaboration, critical thinking, dan creativity. Pembahasan dalam buku ini terdiri dari penggambaran perubahan zaman dan kecakapan dasar yang diperlukan seseorang saat ini, pemaknaan tentang empat kecakapan dasar untuk sukses, serta bentuk implementasi yang bisa dilakukan guna mewujudkan kecakapan dasar tersebut. Keempat kecakapan dasar tersebut tidaklah berdiri sendiri-sendiri, tapi saling terkait, saling terjalin satu sama lain. Buku ini juga turut membahas keterkaitan tersebut.