Home / Berita Terkini / BTI Unpar, Layani Teknologi Informasi bagi Mahasiswa

BTI Unpar, Layani Teknologi Informasi bagi Mahasiswa

Keberadaan Biro Teknologi Informasi tidak asing lagi dengan dunia mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (Unpar). Mulai dari penggunaan Wifi hingga akses portal mahasiswa atau yang dikenal dengan Student Portal menjadi bagian keseharian kampus. Namun, ternyata tidak semua mahasiswa tahu akan berbagai layanan yang disediakan oleh BTI Unpar. Agustinus Wisnu Rumono, Kepala BTI Unpar memberikan informasi seputar layanan-layanan yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk menunjang aktivitas pembelajarannnya.

Dari Google hingga Microsoft

Setiap mahasiswa Unpar mendapatkan email mahasiswa saat bergabung dengan Unpar. Melalui email ini, mahasiswa dapat mengakses berbagai layanan Google Suite yang disediakan oleh Unpar. Wisnu menjelaskan bahwa semua pemegang akun unpar mendapatkan pelayanan yang sama dalam penggunaan G-Suite. “Fasilitasnya sama,” ujarnya, mulai dari layanan Gmail, Google Drive, Google Docs, Calendar, Forms, dan sebagainya.

Terkait pemanfaatan Google Drive, dijelaskan keunggulan akun Unpar dibandingkan akun Google biasa. “Tidak ada batasan (terkait ruang penyimpanan), unlimited, karena kita sektor edukasi,” jelasnya. Menurutnya, layanan Google Drive adalah layanan yang, “paling bermanfaat saat ini.” 

Tidak hanya Google, Unpar juga bekerja sama dengan Microsoft dalam penyediaan Windows 10 Education Edition serta Microsoft Office 365. “Per empat bulan akan ada instalasi massal,” ungkapnya, “dan fasilitas ini free untuk mahasiswa.” Jadi, mahasiswa yang tengah menempuh studi di Unpar akan mendapatkan Windows 10 Edu dan Office 365 dengan lisensi resmi microsoft. 

Ia menambahkan bahwa mahasiswa juga dapat memasang sendiri Windows 10 Edu maupun Office 365. “Installer-nya ada di website BTI, tetapi harus login via SSO (melalui akun mahasiswa Unpar) terlebih dahulu.” Menariknya, satu akun Office 365 dapat digunakan pada lima perangkat berbeda.

Kedua layanan terkait akun Unpar ini tersedia selama mahasiswa menempuh studinya. “Selama jadi mahasiswa di Unpar,” jelas Wisnu, “fasilitasnya full, baik Google Suite atau Windows.” Setelah lulus, alumni Unpar memiliki waktu hingga enam bulan untuk memindahkan dokumen yang dimiliki dari Google Drive mereka.

Kepala BTI Unpar Agustinus Wisnu Rumono

Pengembangan Student Portal dan WiFi

Akun Unpar juga memiliki keterkaitan dengan Student Portal Unpar. Saat ini, portal mahasiswa identik dengan aktivitas perkuliahan, seperti melakukan registrasi studi, melihat jadwal kuliah dan ujian, serta melihat indeks prestasi. Namun, Unpar tengah meningkatkan layanan Student Portal secara komprehensif. Kedepan, menurut Wisnu, Student Portal akan, “menjadi portal menyeluruh kebutuhan mahasiswa.”

Nantinya, berbagai pengajuan dari mahasiswa akan diakses satu pintu melalui portal tersebut. “Termasuk beasiswa,” ujarnya, “akan kita gabung dengan portal mahasiswa.” Yang terdekat adalah pengajuan pembimbingan skripsi dan sidang, yang diluncurkan bersama oleh Biro Administrasi dan Akademik (BAA) dan Persatuan Mahasiswa (PM) Unpar pada akhir Agustus. Ia menambahkan, di masa mendatang pengajuan penyisihan nilai, cuti kuliah, dan yudisium akan dilakukan melalui portal mahasiswa.

Tentunya, akses informasi perlu didukung oleh infrastruktur yang kuat. BTI kini tengah mempersiapkan Peningkatan layanan WiFi di Kampus Unpar, baik di kawasan CIumbuleuit maupun di kampus-kampus lain. Hal ini akan mencakup penambahan juga peremajaan access point (AP) berdasarkan pemetaan yang telah dilakukan oleh Tim BTI, disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa.

Lalu, bagaimana bila mahasiswa mengalami permasalahan dalam mengakses layanan-layanan tersebut? “Paling mudah adalah bertanya melalui Whatsapp layanan,” jawabnya. Sudah banyak mahasiswa terbantu dengan menghubungi Helpdesk BTI melalui WA di 081572007000. Selain itu, mahasiswa juga dapat menghubungi BTI melalui email bti@unpar.ac.id.

Layanan teknologi informasi yang dikelola oleh BTI menjadi penunjang bagi mahasiswa dalam pengembangan diri di Unpar. Mahasiswa tentu diharapkan mampu memanfaatkan layanan ini sebaik mungkin dengan penuh tanggung jawab. (DAN)