Bronze Medal Persembahan Tim UPC Fisika Unpar

Pada 6 hingga 7 November 2020 lalu, tiga orang mahasiswa Fisika Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) yang tergabung dalam Tim Pemodelan Fakultas Teknologi Informasi dan Sains meraih Bronze Medal atau Juara Ketiga dalam The 2020 University Physics Competition (UPC). Mereka adalah Reigina Keicy Purnama, Adrian Ramadhana Imran dan Aria Aristokrat yang dibimbing oleh Dosen Fisika Unpar Reinard Primulando, Ph.D. 

Dalam ajang internasional ini, ketiga mahasiswa tersebut mendapat tantangan untuk menentukan kecepatan angin maksimum yang dapat diterima oleh sebuah quadcopter, atau lazim dikenal dengan sebutan drone, agar dapat stabil dalam posisi tertentu. Persoalan ini memerlukan pengertian yang mendalam mengenai prinsip mekanika serta kemampuan mengambil asumsi-asumsi yang tepat dalam perhitungan. 

Tantangan Tim tidak berakhir pada perhitungan yang tepat berdasarkan teori semata. Dalam ajang ini, mereka harus dapat menuangkan gagasan mereka dalam bentuk tulisan ilmiah atau paper yang menggunakan Bahasa Inggris. 

Keberhasilan ini menambah panjang daftar prestasi Unpar pada ajang UPC. Sejak mengikuti kegiatan ini pada tahun 2015 yang lalu, Unpar setidaknya memperoleh Bronze Medal. Bahkan, perwakilan Unpar sempat membawa pulang Silver Medal dalam beberapa kesempatan.

Proficiat bagi Tim Pemodelan FTIS Unpar atas prestasi yang diraih! (DAN – Divisi Publikasi. Sumber: Rilis FTIS)