Home / Alumni / Mempelajari Model Bisnis Coklat di Pipiltin Cocoa Factory
cocoa factory

Mempelajari Model Bisnis Coklat di Pipiltin Cocoa Factory

Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Katolik Parahyangan (Prodi IAB Unpar) mengadakan kunjungan perusahaan ke Pipiltin Cocoa Factory, Jakarta pada Senin (2/4). Acara ini diikuti oleh mahasiswa yang mengambil mata kuliah “Bisnis Mikro, Kecil, dan Menengah”.

Sebagai bisnis yang beroperasi dalam skala kecil, Pipiltin Cocoa Factory terbukti sukses dalam melakukan ekspansi bisnis ke Negeri Matahari Terbit. Dengan cita rasa coklat khas Indonesia yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Pidie Jaya, Aceh, Bali, dan lain sebagainya, Pipiltin menjalin mitra dengan berbagai hotel ternama di Indonesia. Grand Hyatt, Hotel Indonesia Kempinski, Mandarin Oriental Jakarta, dan berbagai hotel ternama lainnya menjadi konsumen Pipiltin Cocoa Factory.

Dosen dan mahasiswa Prodi IAB juga diajak untuk berkeliling pabrik coklat Pipiltin dengan melihat setiap proses pengolahan coklat, hingga menjadi coklat yang siap dikonsumsi. Peserta diajak untuk melihat proses fermentasi hingga pengolahan biji coklat menjadi coklat batang, mulai dari roasting, grinding, winnowing, refining, dan mixing. Tak ketinggalan proses finishing coklat cair menjadi berbagai bentuk yang menarik dengan cita rasa yang lezat dan nikmat.

Antusiasme mahasiswa pun terlihat ketika diminta untuk mencicipi berbagai varian coklat yang dihasilkan oleh Pipiltin Cocoa Factory. Dosen Prodi IAB yang terdiri dari Dr. Margaretha Banowati Talim, Angela Caroline, S.AB., MM., Shelvi, S.AB., MM., dan Daniel Hermawan, S.AB., M.Si., MBA. berharap lewat kunjungan perusahaan ini mahasiswa mendapatkan banyak ilmu baru seputar pengolahan coklat, serta mampu mendapatkan inspirasi dari model bisnis yang dikembangkan Pipiltin Cocoa Factory. Selain itu, kunjungan perusahaan ini diharapkan mampu memperkaya wawasan mahasiswa akan proses bisnis yang ada di sebuah perusahaan. (DH)