Home / Berita Terkini / BIPA Unpar Sambut Kunjungan PPSDK Kemdikbud

BIPA Unpar Sambut Kunjungan PPSDK Kemdikbud

Lembaga Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing Universitas Katolik Parahyangan (BIPA Unpar) menerima kunjungan Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (PPSDK Kemdikbud) dalam rangka “Diseminasi Materi Ajar BIPA Berbasis Sastra Indonesia”, pada Jumat (28/9/2018).

PPSDK adalah badan bahasa di bawah Kemdikbud yang bertanggung jawab untuk membuat standard kompetensi lulusan untuk mahasiswa yang belajar bahasa Indonesia. Modul atau materi BIPA di Unpar sudah disesuaikan dengan standar kompetensi lulusan (SKL) Kemdikbud.

Saat ini, PPDSK membuat materi ajar baru yang masih berupa draft. Adapun konten materi tersebut yakni teks berbasis sastra Indonesia. Materi ini tengah diujicobakan oleh PPSDK kepada mahasiswa asing yang sedang belajar bahasa Indonesia.

“Unpar itu universitas swasta yang terpilih di Bandung, selain UPI. Dan ini kesempatan baik,” ujar Kristining Seva, SS,MPd  pengajar BIPA Unpar.

Dalam hal ini, PPSDK memberikan buku (modul) secara gratis untuk diujicobakan. Lalu, mahasiswa asing diminta me-review buku tersebut.

Seva yang ditemui tim Publikasi di penghujung acara, mengatakan bahwa PPSDK datang untuk memastikan bahwa buku-buku tersebut tersampaikan dengan baik kepada mahasiswa.

“Mudah-mudah Anda semua, semakin pandai berbahasa Indonesia dan studi akan lebih baik,” ujar Emma Sitohang Nababan perwakilan dari PPSDK Kemdikbud menutup acara.

Kunjungan kali ini merupakan keberlanjutan kerja sama antara Unpar dan Kemdikbud terkait program Darmasiswa, hasil visitasi Kemdikbud di tahun 2017. Program BIPA di Unpar dinilai efektif pada saat penelitian visitasi tersebut. Tahun ini, pada periode ajaran 2018/2019 Unpar membuka penerimaan bagi mahasiswa asing melalui penyelenggaraan program Darmasiswa BIPA Unpar.