Home / Berita Terkini / Bina Desa 2016: Mengabdi untuk Perubahan
Bina Desa 2016

Bina Desa 2016: Mengabdi untuk Perubahan

Pemerataan pembangunan demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat menjadi salah satu tujuan dan cita-cita pemerintah Indonesia. Turut menyukseskan program pemerintah, Divisi Pengabdian Masyarakat Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum (HMPSIH) Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) telah melaksanakan Bina Desa 2016 pada tanggal 21-23 April 2016 bertempat di Desa Mekarsari, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung. Pelaksanaan Bina Desa 2016 ini dilatarbelakangi kesadaran, kepedulian, dan keprihatinan akan adanya potensi sumber daya alam yang melimpah di desa namun terkendala keterbatasan pengetahuan sumber daya manusia untuk mengolahnya. Adapun keterbatasan pengetahuan yang difokuskan dalam kegiatan ini yaitu pengetahuan di bidang hukum. Karena bagaimanapun, pengetahuan hukum sangat berguna bagi seorang individu ketika hendak memilih dan melakukan aktivitas.

Sebagai salah satu program kerja HMPSIH yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya, Bina Desa 2016 hadir dengan mengusung tema “Partisipasi Mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Unpar Dalam Memberikan Pengetahuan Hukum kepada Masyarakat Desa Mekarsari”. Kegiatan Bina Desa kali ini meliputi pelatihan dan penyuluhan mengenai ‘peraturan desa’ bagi para aparat desa, penyuluhan hukum kepada siswa Sekolah Dasar (SD), dan penyuluhan hukum kepada warga sekitar. Terdapat pula sesi bincang bersama antara perwakilan mahasiswa dengan masyarakat sekitar. Kebahagiaan dan kehangatan yang telah terjalin selama 3 hari ditutup dengan acara foto bersama dengan seluruh warga yang telah berpartisipasi.

Diharapkan mahasiswa dapat peduli dan mengabdikan diri pada masyarakat luas melalui kegiatan Bina Desa 2016 ini demi menciptakan generasi penerus bangsa yang berbakti dan berbudi luhur. Lebih jauh, diharapkan mahasiswa dapat bersatu mengamalkan ilmu yang didapat di bangku kuliah di lingkungan masyarakat agar menjadi manfaat bagi kemajuan bangsa dan negara.