Home / Berita Terkini / Bhakti Ganva Resmikan Bangunan GSG dan MCK Kampung Garung
Kepala Desa Cilengkrang Entis Sutisna, Wakil Rektor Bidang Modal Insani dan Kemahasiswaan Dr. Paulus Sukapto. dan Wakil Dekan III Fakultas Teknik Dr. Felix Hidayat meresmikan bangunan GSG dan MCK karya Tim Bhakti Ganva dan masyarakat Kampung Garung (Dok. Bhakti Ganva)

Bhakti Ganva Resmikan Bangunan GSG dan MCK Kampung Garung

Pada hari Sabtu (25/5) lalu, Bhakti Ganva periode 2018/2019 telah kembali meresmikan bangunan yang berfungsi sebagai Gedung Serba Guna (GSG) dan juga Fasilitas Mandi Cuci Kakus (MCK) tepatnya di RW 01 Kampung Garung, Desa Cilengkrang, Bandung, Jawa Barat. Bangunan ini menjadi bangunan ketujuh yang telah berhasil dibangun sejak program kerja Bhakti Ganva dimulai.

Pembangunan bangunan GSG dan MCK ini kurang lebih memakan waktu sekitar 3 bulan, diawali dengan peletakan batu pertama pada hari Sabtu (16/2). Dengan berdirinya bangunan 2 lantai; lantai 1 sebagai fungsi MCK dan lantai 2 sebagai fungsi GSG diharapkan hadirnya bangunan ini membantu menjawab kebutuhan masyarakat setempat.

Artikel terkait: Peletakan Batu Pertama Bhakti Ganva 2019 Awali Pengabdian Mahasiswa Unpar di Kampung Garung, Cilengkrang

Acara peresmian bangunan ini dilakukan sebagai tanda telah selesainya pembangunan bangunan GSG dan MCK sekaligus mengakhiri program kerja Bhakti Ganva periode 2019. Acara ini turut dihadiri oleh Kepala Desa Cilengkrang Entis Sutisna, Wakil Rektor Bidang Modal Insani dan Kemahasiswaan Dr. Paulus Sukapto, Wakil Dekan III Fakultas Teknik Dr. Felix Hidayat, perwakilan masyarakat Kampung Garung, Dosen FT Unpar, tamu undangan, serta mahasiswa yang tergabung dalam kepanitian Bhakti Ganva.

Penandatanganan prasasti oleh kepala desa dan wakil rektor bidang modal insani dan kemahasiswaan, serta pemotongan pita oleh wakil dekan III Fakultas Teknik Unpar menjadi inti dari acara peresmian ini. Selain itu, adanya penampilan tari tradisional oleh Tara Laurensia yang juga tergabung sebagai panitia Bhakti Ganva 2019 turut meramaikan acara.

Program Bhakti Ganva merupakan program kerja yang diadakan setiap tahunnya oleh Divisi Pengabdian Masyarakat Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil (HMPSTS) dan Himpunan Mahasiswa Program Studi Arsitektur (HMPSARS) Universitas Katolik Parahyangan. Program yang dirintis sejak tahun 2012 ini memfokuskan diri pada pembangunan infrastruktur sederhana, seperti perpustakaan, PAUD dan Posyandu, bangunan serbaguna juga tempat ibadah.

Melalui program ini, mahasiswa teknik sipil dan mahasiswa arsitektur Universitas Katolik Parahyangan dapat memberikan kontribusi nyata berdasarkan bekal ilmu yang telah didapat dari Pendidikan dalam perkuliahan. Diharapkan ilmu tersebut dapat diaplikasikan ke dalam suatu pembangunan bangunan dengan mengemban misi pengabdian untuk membantu desa dan masyarakat yang membutuhkan dan masih dikategorikan dalam desa yang tertinggal di kawasan Bandung, Jawa Barat.

Panitia Bhakti Ganva 2019 berterima kasih kepada seluruh pihak-pihak terkait sehingga bangunan GSG dan MCK ini dapat terselesaikan. Semoga program kerja ini dapat menginspirasi insan-insan muda supaya memiliki kepekaan yang sama terhadap lingkungan sekitar yang mungkin membutuhkan kita.