Bersama NUNI, Unpar Dukung Program Kampus Merdeka

Saat ini, mahasiswa memiliki kesempatan yang lebih luas dalam meningkatkan wawasan keilmuannya. Hal ini didukung oleh kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) yang diinstruksikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Nadiem Makarim.

Dengan adanya kesempatan ini, setiap mahasiswa memiliki hak untuk memilih dan merasakan pengalaman belajar di luar program studinya sebanyak tiga semester. Rinciannya, satu semester (setara 20 SKS) pada program studi sama di perguruan tinggi lain dan dua semester (setara 40 SKS) di luar program studi. Aktivitas pembelajaran yang bisa diambil oleh mahasiswa di luar program studi yaitu pertukaran mahasiswa, magang, KKN Tematik, Proyek Penelitian, dan lain-lain. 

Kerjasama Jejaring

Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) mendukung penyelenggaraan MBKM, serta mendorong mahasiswa untuk turut terlibat aktif meningkatkan wawasannya. Untuk itu, melalui Nationwide University Network in Indonesia – Jejaring Universitas Nusantara (NUNI), Unpar membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti MBKM dalam Program Merdeka Belajar Nuni (PMBN). Program yang pendaftarannya telah dibuka pada 16 Desember 2020 ini akan dimulai pada Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021.

Mahasiswa Unpar yang berminat mengikuti program tersebut dapat mendaftarkan dirinya melalui https://nuni.mobi/merdeka-belajar/. Di dalamnya, mahasiswa juga dapat menemukan berbagai informasi penting, seperti informasi perguruan tinggi yang membuka mata kuliah, persyaratan, serta informasi syarat dan masa pendaftaran. Saat ini, dua belas perguruan tinggi anggota NUNI termasuk Unpar telah siap melaksanakan program tersebut.

Tentunya, program ini menghadirkan kesempatan yang sangat menguntungkan bagi mahasiswa Unpar yang ingin memperluas jejaring dan menambah ilmunya. Unpar berharap seluruh komunitas akademik Unpar dapat turut mendukung dan menyebarluaskan informasi ini kepada seluruh mahasiswa di lingkungan Unpar. (DAN – Divisi Publikasi. Sumber: Biro Administrasi Akademik Unpar)