Home / Berita Terkini / Berpikir Komputasional dalam Diskusi Pembelajaran PIP Unpar
  • Peserta diskusi mempelajari Keterampilan Computational Thinking lewat permainan dalam Diskusi PIP pada Rabu (23/5)

  • Dr. Cecilia (Informatika Unpar) memaparkan pentingnya Keterampilan Computational Thinking bagi peserta didik

  • Peserta diskusi memberikan tanggapan akan materi dalam diskusi

  • Foto bersama narasumber dan peserta diskusi

Berpikir Komputasional dalam Diskusi Pembelajaran PIP Unpar

Pada Rabu (22/5), Pusat Inovasi Pembelajaran Universitas Katolik Parahyangan (PIP Unpar) menyelenggarakan Diskusi dan Sharing Pembelajaran ke-22. Kegiatan diskusi dilaksanakan di Operation Room Gedung Rektorat Unpar serta dihadiri oleh dosen dari berbagai fakultas dan latar belakang keilmuan.

Diskusi pembelajaran kali ini mengangkat tema CT (Computational Thinking), another ‘C’ of 21st Century Skills. Sebagai narasumber, PIP Unpar menghadirkan Dr. Cecilia Esti Nugraheni dari Informatika Unpar. Keterampilan berpikir komputasional atau CT dapat dijelaskan sebagai penyelesaian masalah melalui langkah-langkah yang dapat dieksekusi oleh komputer, baik manusia maupun mesinnya.

Dalam pemaparannya, Dr. Cecilia membagikan pengalaman belajar mahasiswa informatika untuk menguasai keterampilan CT. Selain itu, ia memberikan gambaran manfaat dari pendekatan CT dalam proses penalaran mahasiswa. Dengan begitu, para dosen lain dapat mencoba mengaplikasikan materi keterampilan CT dalam perkuliahan masing-masing.

Materi dibawakan dengan menarik, karena tidak hanya dipresentasikan, tetapi juga diaplikasikan lewat dinamika kelompok. Melalui permainan sederhana, para peserta memahami manfaat dan pentingnya keterampilan berpikir komputasional.

Diskusi dan Sharing Pembelajaran adalah kegiatan rutin bulanan yang diadakan oleh PIP Unpar. Lewat kegiatan ini, diharapkan para pendidik akan terinspirasi untuk menjalankan inovasi dalam proses pembelajaran khususnya di ruang lingkup perkuliahan.