Home / Berita Terkini / Belajar Interaktif Memanfaatkan Google Classroom

Belajar Interaktif Memanfaatkan Google Classroom

Yayasan Salib Suci (YSS) bekerjasama dengan Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) menggelar pelatihan “Google Classroom Advance” pada Selasa (23/6/2020). Kegiatan ini menjadi sarana mempersiapkan guru-guru sekolah menengah atas yang tergabung dalam YSS untuk meningkatkan pemelajaran digital menggunakan aplikasi Google Classroom.

Sekira seratus orang guru dari SMA Santa Maria 1 Bandung, SMA Santa Maria 2 Bandung, SMA Santa Maria 3 Cimahi, SMA Putra Nirmala Cirebon, SMA Ign. Slamet Riyadi Karawang, SMA Yos Sudarso Karawang, dan SMA Talenta Kab. Bandung mengikuti kegiatan yang berlangsung selama dua jam ini. Unpar menghadirkan Dr. Christian Fredy Naa dari Program Studi Teknik Elektro Konsentrasi Mekatronika (TEKM) sebagai narasumber.

Para guru antusias mengikuti rangkaian webinar yang membahas penggunaan Google Classroom tingkat lanjut, aplikasi add-on dan fitur pada Google Classroom, serta tips dan trik penggunaan untuk meningkatkan kualitas proses pemelajaran. Selama kegiatan, para guru juga dapat bertanya langsung dan berdiskusi dengan narasumber apabila ada fitur-fitur yang kurang dipahami.

Christian menjelaskan materi webinar secara langsung menggunakan praktek. Mulai dari hal-hal yang mendasar dari membuat kelas, struktur materi, serta penggunaan fitur kuis dan diskusi, hingga fitur-fitur lanjutan. Misalnya, untuk membuat presentasi yang menarik, para guru dapat menambahkan add ons pada google sheet untuk membuat kuis dan menilai pemahaman siswa. Terdapat pula berbagai variasi kuis yang dapat digunakan untuk melakukan penilaian pemelajaran serta forum untuk berinteraksi antara sesama siswa dan guru.

Pemanfaatan Google Classroom sebagai bagian dari Google Suite untuk institusi pendidikan dapat menjadi alternatif sarana pemelajaran daik yang baik. Melalui pelatihan ini, Unpar membagikan ilmu sekaligus mendukung penggunaan layanan tersebut di berbagai tingkat pendidikan termasuk pendidikan menengah. (DAN – Divisi Publikasi)