Home / Alumni / Bedah Buku Ajar Jurusan Ilmu Teknik/Teknologi/Bioteknologi
Bedah Buku Prof Suharto

Bedah Buku Ajar Jurusan Ilmu Teknik/Teknologi/Bioteknologi

Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), pada 19 April 2016 mengadakan acara Bedah Buku Ajar Jurusan Ilmu Teknik/Teknologi/Bioteknologi karya  Prof. Dr. Ir. Ign. Suharto, APU, yang akrab disapa Pak Harto.

Sebagai salah satu the founding fathers, sudah 23 tahun Pak Harto tanpa henti menujukkan kecintaannya terhadap ilmu pengetahuan dan FTI Unpar dengan melakukan berbagai penelitian dan publikasi. Penelitian dan publikasi yang dilakukannya bersama dosen lain ditujukan bagi para peserta didik serta demi peningkatan mutu dan kualitas generasi penerus bangsa.

Sebanyak 12 buku yang telah diterbitkan dan 3 buku yang akan diterbitkan tahun 2016 ini, semuanya merupakan karya Pak Harto. Sebagian besar buku berfokus pada bidang bioteknologi, produksi dan penanganan pangan, serta industri kimia. Salah satu buku yang berjudul ‘Innovation Process, Equipment of Tempe Industries Without Pollution’, telah diterbitkan di Jerman.

Terdapat tiga sesi dalam rangkaian acara bedah buku ini. Sesi pertama membahas manfaat konsumsi kedelai sebagai pangan fungsional yang disampaikan oleh dr. Johanes Chandrawinata, MND, SpGK, dengan moderator Bpk. Andy Chandra, ST., MM. Pada sesi ini dipaparkan berbagai potensi manfaat konsumsi kedelai dan produk olahannya bagi kesehatan manusia, terutama untuk kardiovaskular, kesehatan tulang, dan kesehatan menopause. Sesi kedua menceritakan transfer teknologi vertikal dari Rhizopus sp. yang merupakan ragi dalam pembuatan tempe oleh Ir. Djoko Supardi dari PT. Aneka Fermentasi Indonesia (AFI). Pada sesi ketiga merupakan bedah buku, di mana Pak Harto memaparkan isi dari salah satu bukunya mengenai proses dan peralatan dalam produksi tempe.

Apresiasi disampaikan oleh jajaran pimpinan universitas karena sebagai salah seorang pendiri FTI Unpar yang saat ini usianya menginjak 79 tahun, beliau tetap peduli dan aktif berkarya bagi ilmu pengetahuan.