Home / FASILITAS / 1. Fasilitas Akademik / Beasiswa untuk Mahasiswa Baru

Beasiswa untuk Mahasiswa Baru

Tidak semua orang dapat dengan mudah melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Setelah menyelesaikan studi di tingkat SMA, sebagian besar siswa ingin melanjutkan pendidikan ke universitas. Namun, terkadang biaya kuliah mengurungkan niat tersebut.

Tentu ada banyak solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Mulai dari mengikuti seleksi khusus bagi calon mahasiswa yang tidak mampu secara finansial, jalur prestasi, minat dan bakat, hingga program beasiswa.

Menanggapi kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan tinggi setara universitas yang meningkat setiap tahun, Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) senantiasa berupaya untuk dapat merangkul semua kalangan agar dapat menempuh studi di perguruan tinggi.

Tidak hanya mahasiswa aktif, beasiswa Unpar juga diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang memiliki potensi dan mampu menyelesaikan studinya, tetapi perlu mendapatkan dukungan finansial.

Beasiswa lain yang disediakan yakni beasiswa Dharmasiswa, kepemimpinan, prestasi akademik, prestasi non-akademik, program studi magister, hingga beasiswa bagi mahasiswa dari daerah tertinggal–yang membebaskan mahasiswa dari biaya hidup dan biaya studi di Unpar.

Beasiswa dan USM

Pada 29 April 2018 lalu, Unpar menyelenggarakan Ujian Saringan Masuk (USM) II di kampus Unpar Bandung dan SMA Regina Pacis Bogor. USM merupakan jalur penerimaan melalui ujian tertulis di sejumlah perguruan tinggi maupun universitas. Unpar membuka ujian penerimaan bagi calon mahasiswa baru melalui USM bagi peminat program sarjana dan diploma III.

Calon mahasiswa dapat memilih dan menentukan hingga tiga pilihan program studi. Pilihan ke-3 terbatas pada program studi tertentu seperti Ekonomi Pembangunan, Ilmu Administrasi Publik, Teknik Elektro, Matematika, Fisika, dan DIII Manajemen Perusahaan. Adapun, persyaratan khusus untuk Program Studi Teknik Kimia dan Teknik Elektro: tidak buta warna–dibuktikan dengan melampirkan Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata.

USM III Unpar diselenggarakan pada 15 Juli 2018. Unpar menyediakan beasiswa bagi calon mahasiswa baru yang mengikuti USM gelombang III. Adapun jadwal pendaftaran peserta USM akan dibuka hingga 10 Juli 2018. Pendaftaran sebagai peserta Seleksi Program USM Unpar dilakukan secara daring dengan membuka laman http://pmb.unpar.ac.id dan mengisi/melengkapi formulir isian yang tersedia sesuai dengan petunjuk.

Dalam pelaksanaannya, beasiswa bagi calon mahasiswa baru diberikan dalam bentuk pengurangan kewajiban pembayaran biaya registrasi dan pengembangan. Sebagai penyedia beasiswa, Unpar tidak semata memberikan bantuan finansial kepada calon mahasiswa baru, tapi juga mewajibkan para penerima beaiswa untuk mengikuti program pendampingan unggulan seperti gladi, seminar, career workshop, serta Program Pendidikan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Lembaga Pengembangan Humaniora (LPH) Unpar.

Selain itu, mahasiswa didorong untuk mengembangkan rasa tanggung jawab sosial di masyarakat. Salah satunya lewat kegiatan bakti sosial yang diadakan di Desa Samida, Garut pada 18-19 November 2017. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 70 mahasiswa baru yang tidak dapat mengikuti kegiatan Inisiasi dan Adaptasi (SIAP) Unpar.

Beasiswa untuk Desa Samida

Kerja sama BKA dengan Desa Samida berlanjut dengan program beasiswa untuk Desa Samida, Garut. Kepala Bagian Kesejahteraan Mahasiswa BKA Unpar A. Dadang Herry Purwanto mengatakan, berkenaan dengan keprihatinan minimnya sumber daya manusia terdidik inilah Unpar berprakarsa untuk menawarkan kerja sama beasiswa bagi putra-putri potensial di Desa Samida, untuk secara akademik melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi.

Calon mahasiswa yang berasal dari Desa Samida yang berhasil lolos seleksi penerimaan mahasiswa baru, dapat diberikan beasiswa berupa pembebasan biaya pendidikan selama mereka menempuh studi program Sarjana dan/atau program Diploma di Unpar. Pada USM II (on-site) lalu, sebanyak 11 orang siswa/i dari Desa Samida mengikuti seleksi tersebut.

Tujuan diadakannya kerja sama beasiswa ini, terang Herry, yakni untuk mewujudkan peningkatan kualitas sumber daya manusia di Desa Samida. Harapannya, putra-putri Desa Samida dapat dengan baik menyelesaikan studi mereka di Unpar serta bersedia kembali untuk membangun desanya dengan mengembangkan potensi-potensi alam yang ada secara lebih optimal.

 

Sumber: Kompas Griya Ilmu (Selasa, 15 Mei 2018)